XL Kawal Perbatasan Batam-Singapura dengan BTS 3G




Suasana Acara (xl)


Batam - XL Axiata membangun 2 unit BTS di Pulau Belakang Padang, bagian terluar Indonesia yang berbatasan dengan Singapura.

"Kita sudah pasang 2 BTS di Pulau Belakang Padang, Batam. 1 BTS berbasis 2G, 1 BTS lagi dengan basis data 3G," kata Manager Service PT XL Axiata Sumatera, Firman AJ, dalam acara XL Media Gethering, di Pulau Belakang Padang, Batam, Jumat (8/2/2013).


"Kecepatan data atau internet di pulau ini bisa mencapai 10 Mbps, bisa diuji," ucapnya.


Pulau Belakang Padang sendiri saat ini memiliki jumlah penduduk yang mencapai 25.000 jiwa. Dari jumlah tersebut, 2.000 orang di antaranya merupakan pelanggan XL.


"Pelanggan kami di pulau ini sudah mencapai 2.000, dengan total jumlah penduduk mencapai 25.000 jiwa, pasar telekomunikasi di Pulau Belakang Padang tentunya sangat menjanjikan," imbuh Firman.


Dengan dekatnya jarak antara Pulau Belakang Padang dengan Singapura membuat sinyal XL dari BTS ini bisa menggapai hingga Negeri Singa.


"Sinyal dari BTS ini sampai Singapura loh. Saat ini total BTS XL di Batam ada sebanyak 164 unit yang berbasis 2G dan 150 BTS berbasis data 3G," tandas Firman.


Pulau Belakang Padang merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Pulau yang masuk dalam wilayah administrasi Kota Batam, Riau Kepulauan ini berbatasan langsung dengan perairan internasional dan negara jiran Singapura.


Posisinya yang berada di perbatasan wilayah negeri ini membuatnya menjadi cukup strategis dilihat dari sisi ekonomi dan ketahanan nasional. Untuk itu, XL memiliki perhatian khusus terhadap pulau ini dengan menempatkan BTS 3G.


Selain di Pulau Belakang Padang, XL juga memiliki sejumlah BTS di pulau terluar lainnya. Di wilayah sekitar Sumatera, XL memiliki BTS di Pulau Sabang (ujung Barat RI), Pulau Simeulue (Samudera Hindia), dan Natuna (Laut Cina Selatan).


Di Kalimantan, BTS XL juga melayani masyarakat di daerah perbatasan dengan Malaysia, yaitu di Pulau Sebatik dan Nunukan. Sementara itu di Indonesia Timur, daerah perbatasan dengan Papua Nugini dan Pasifik XL menempatkan BTS untuk melayani masyarakat di Merauke dan Biak.


( rrd / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!