Ponsel Ubuntu Melenggang Oktober




Ponsel Ubuntu (Ist.)


Jakarta - Sekarang di pasar smartphone terdapat berbagai pilihan sistem operasi. Mulai dari iOS, Android, BlackBerry 10, hingga Windows Phone 8. Tak ketinggalan, Mozilla merilis ponsel bersistem operasi Firefox OS yang tengah dalam tahap testing oleh para developer.

Pun demikian, dengan kondisi yang sudah ramai itu nyatanya tak menyurutkan niat Ubuntu untuk hadir dengan OS khusus smartphone.


Android memang memiliki DNA dari Linux tetapi Google mengembangkannya sendiri. Linux dengan Ubuntu yang didukung dengan Canonical rupanya ingin merambah perangkat smartphone juga. Kemunculannya sudah didesas-desuskan dari awal tahun lalu.


Seperti dilansir Ubergizmo, ponsel dengan OS Ubuntu siap dirilis pada bulan Oktober tahun ini. Dari teaser yang dihadirkan, tampak smartphone yang mengusung OS tersebut hampir mirip dengan varian Nexus yang digelontorkan Google.


Sejauh ini memang belum ada kabar mengenai spesifikasi smartphone yang akan diluncurkan. Yang pasti, meski memiliki 'nenek moyang' yang sama dengan Android. Namun mampukah ponsel ini menjadi pesaing bagi OS robot hijau yang sudah meraksasa?


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!