'Hewan' Tamagotchi Hadir di Smartphone




Tamagotchi (Ist)


Jepang - Bagi yang memainkan Tamagotchi saat kanak-kanak dulu, mungkin akan senang mengetahui ini. 'Hewan peliharaan' Tamagotchi akan hadir lagi dalam bentuk berbeda di smartphone.

Jika dulu Tamagotchi tampil dalam mainan berukuran segenggaman tangan, di era sekarang hewan-hewan digital ini menjadi aplikasi game. Mainan asal Jepang tersebut segera bisa didownload di Google Play dan App Store.


Tamagotchi sangat populer dimainkan anak-anak pada 1990-an, termasuk di Indonesia. Tamagotchi pertama kali dijual di Jepang pada 1996. Berbentuk bulat seperti telur dan berwarna-warni, Tamagotchi punya layar kecil dan sejumlah tombol kecil untuk 'mengasuh' si hewan peliharaan.


Ya, seperti hewan peliharaan sungguhan, anak-anak gemar membawanya kemana-mana. Mereka tentunya tak ingin kelupaan memberinya makan atau memandikannya. Hewan peliharaan digital ini diciptakan oleh Akihiro Yokoi dan Aki Maita. Hingga 2010, lebih dari 76 juta Tamagotchi terjual di seluruh dunia.


"Tamagotchi pertama kali dirilis 16 tahun silam dan menjadi fenomena baru di dunia. Semua orang punya Tamagotchi dan mereka mengasuh binatang digitalnya," kata Bandai, perusahaan pembuat Tamagotchi, seperti dilansir Digital Spy, Jumat (8/2/2013).



Nah, kini Bandai berupaya menghidupkan kembali nostalgia tersebut dengan menciptakan Tamagotchi L.i.f.e. Agar mirip seperti mainan aslinya, aplikasi Tamagotchi juga menyediakan 'Retro Mode'. Bedanya, Tamagotchi L.i.f.e. dilengkapi variasi game mini dan bonus wallpaper.


Bandai belum bisa memastikan kapan Tamagotchi L.i.f.e dirilis. Namun diklaimnya, aplikasi ini segera bisa didownload untuk pengguna perangkat iOS dan dan Android.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!