Vine Ternyata Beri 'Bonus' Durasi Video




Vine (Ist/Cnet)


San Francisco - Sejak awal dirilis, Vine milik Twitter langsung dikenal sebagai layanan berbagi video berdurasi 6 detik. Tidak banyak yang tahu, ternyata durasinya sedikit lebih panjang.

Twitter rupanya memberi 'bonus' durasi setengah detik untuk setiap video yang dibagi di layanannya ini. Ya, dengan kata lain durasi video Vine sebenarnya adalah 6,5 detik.


Ini diketahui setelah mencermati video Vine yang ditweet co-founder Twitter Jack Dorsey. Sejumlah blog dan situs teknologi melaporkan, durasinya dirasa lebih panjang dari yang diiklankan selama ini.


Dilansir Cnet, Sabtu (9/2/2013), salah satu tim videographer-nya, Jared Kohler, menggunakan pengukuran durasi iShowU, menguji sejumlah video Vine. Dia mendeskripsikan durasi 6,5 detik tersebut sebagai berikut: video Vine bekerja hingga 6 detik dan 14 frame, memutar 28,77 frame per detik.


Berkenaan dengan durasi Vine, banyak yang memperkirakan alasan Twitter memilih angka unik 6 detik tersebut. Pada peluncuran Vine, Twitter telah menjelaskan batasan 6 detik ini adalah pilihan terbaik setelah melewati berbagai pengujian.


"Tim kami menguji beragam durasi video, dari 4 hingga 10 detik. Pada akhirnya, mereka menemukan 6 detik adalah durasi paling ideal, baik dari segi produksi maupun konsumsi," demikian pernyataan Twitter saat itu.


Lantas, mengapa Twitter menyebutnya 6 detik, padahal sebenarnya durasinya sedikit lebih lama? Twitter tidak memberikan komentar apa pun saat dikonfirmasi mengenai hal ini.


Yang jelas, ini sebenarnya akan menguntungkan pengguna. Setengah detik memang terdengar tidak ada apa-apanya. Namun bagi mereka yang ingin menyampaikan sebuah pesan, setengah detik ini bisa jadi sangat berharga bukan?


( rns / rns )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!