Payung Hukum LTE Ditarget Akhir Tahun Selesai




(kanan) Menkominfo TIfatul Sembiring (rou/detikINET)


Jakarta - Menkominfo Tifatul sembiring menargetkan peraturan soal layanan telekomunikasi generasi keempat dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) akan selesai tahun 2013 ini.

"Soal 4G kita akan dahulukan yang LTE, saat ini tim dari Kominfo sedang menggodok peraturannya. Akhir tahun ini kita harap sudah selesai," kata Tifatul, di gedung Kominfo, Rabu (6/2/2013).


Tifatul juga mengatakan bahwa untuk LTE akan menggunakan teknologi netral. Sehingga operator bisa lebih bebas dalam memilih pilihan perangkat dan teknologi.


"Itu LTE pakai teknologi netral, jadi nanti operator bisa cukup meng-upgrade saja," tambah Tifatul.


Sayangnya, menteri asal PKS ini tidak merinci apakah di tahun depan LTE bisa segera dioperasionalkan.


Sebelumnya, sekitar bulan Agustus Tifatul pernah mengatakan layanan LTE akan beroperasi di Indonesia mulai tahun 2013 memakai frekuensi 2,3 GHz yang juga ditempati oleh layanan Wimax.


Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan bahwa teknologi LTE untuk seluler 4G bisa hadir lebih cepat tanpa perlu menunggu migrasi TV analog ke TV digital tuntas di 2018.


"Siapa bilang LTE baru bisa di 2018? Tahun depan juga sudah bisa. Kita akan mulai LTE di 2013, tunggu saja!" kata Tifatul, kala itu.


Seperti diketahui, frekuensi 700 MHz yang saat ini ditempati oleh penyelenggara TV free to air masih dalam tahap migrasi ke layanan TV digital. Frekuensi itu yang digadang-gadang cocok untuk standar LTE seperti yang digunakan di Amerika Serikat.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!