Bagi BlackBerry, Indonesia Lebih Penting Ketimbang Jepang




BlackBerry Z10 (ash/inet)


Jakarta - Bagi produsen BlackBerry, Indonesia dinilai lebih penting dibanding Jepang. Itu sebabnya, Jepang belum masuk dalam rencana pemasaran BlackBerry 10 karena pangsa pasarnya yang sangat kecil di negeri sakura.

Seperti dilansir harian bisnis Nikkei, Jepang tak termasuk dalam rencana ekspansi global BlackBerry dalam memperkenalkan platform sistem operasi BlackBerry 10 dan beserta handset Z10.


Situs AllThingsD yang mengkonfirmasikan kabar itu juga mendapat respons yang sama dari produsen asal Kanada yang dulunya bernama Research in Motion (RIM) ini.


"Jepang bukan pasar utama bagi BlackBerry, dan kami tidak punya rencana untuk meluncurkan perangkat BlackBerry 10 di Jepang saat ini," tulis BlackBerry dalam pernyataannya.


Dari data yang dilansir ComScore, seperti dikutip detikINET dari Mashable, Jumat (8/2/2013), pangsa pasar BlackBerry di Jepang bisa terbilang sangat minim dengan market share 0,4%. Pangsa pasar terbesar BlackBerry di Asia masih didominasi oleh Indonesia yang dilaporkan mencapai 50% lebih.


BlackBerry Z10 sendiri akan hadir di Indonesia pada Maret 2013 dan akan dibundel pemasarannya melalui sejumlah mitra distributor resmi dan empat operator yang menjadi mitranya seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Axis Telekomunikasi Indonesia.


( rou / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!