Google Glass Hasilkan Suara dari Tengkorak




Sergey Brinn menggunakan Google Glass (Telegraph)


San Francisco - Kemampuan kacamata pintar Google memang membuat banyak orang kagum. Ada satu cara kerjanya yang baru terungkap, yang akan membuat orang semakin kagum dengan perangkat ini.

Deskripsi dalam sebuah dokumen yang diajukan Google ke regulator Amerika Serikat mendeskripsikan, suara yang dihasilkan kacamata pintar ini berasal dari tengkorak.


Perangkat yang disebut Google Glass ini rupanya tidak menggunakan speaker tradisional untuk menciptakan bunyi, melainkan memanfaatkan 'konduksi' tengkorak kepala si pemakainya.


Teknologi ini mengirimkan getaran ke bagian dalam telinga melalui tengkorak kepala. Seperti dilansir Telegraph, Jumat (8/2/2012), cara ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru di dunia teknologi, namun belum banyak yang mengadopsinya.


Selain Google, perusahaan lain yang menggunakan teknologi ini adalah Panasonic. Perusahaan asal Jepang ini memperkenalkan serangkaian prototipe konduksi tulang pada headphone di pameran Consumer Electronics Show Januari silam.


Keuntungan utama audio hasil konduksi tengkorak adalah, memungkinkan si pengguna juga bisa mendengar kebisingan di sekitarnya. Ini akan lebih aman, terutama untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat si pengguna menyeberang jalanan yang ramai.


Paten konduksi tulang pada Google Glass ini didaftarkan pada Januari 2013. Federal communication Commission lantas mempublikasikan persetujuan atas hak paten itu pekan ini. Paten ini meliputi elemen getaran integral yang menghasilkan audio bagi pengguna melalui kontak dengan kepala pengguna.


( rns / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!