Hampir Ditutup, Peserta Seleksi 3G Masih Satu Peserta




BTS (ari/detikfoto)


Jakarta - Dalam hitungan jam, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal menutup pendaftaran seleksi 3G untuk memperebutkan sisa dua blok di frekuensi 2,1 GHz. Namun, hingga tengah hari ini baru satu peserta yang mengembalikan dokumen.

"Ya, nanti kita jam 3 sore teng akan menutup pendaftaran yang mengikuti seleksi 3G ini. Update terakhir hingga pukul 11.20 WIB baru XL Axiata yang sudah mengembalikan dokumen," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo Gatot S Dewabroto, di gedung Kominfo, Rabu (6/2/2013).


Gatot menambahkan, tidak akan memberikan tenggat waktu karena memang pembukaan pendaftaran ini sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.


"Tapi belajar dari pengalaman yang sudah-sudah. Biasanya pengembalian dokumen ini terjadi beberapa menit sebelum ditutup. Ya, sukanya last minute gitu," tambahnya.


Bila tak ada aral melintang lagi, pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada Maret 2013.


Sebelumnya, sejumlah operator -- Telkomsel, XL, Indosat, Axis, dan Tri -- menyatakan minatnya untuk ikut bertarung memperebutkan dua kanal terakhir 3G di blok 11 dan 12 frekuensi 2.1 GHz.


Bisa dibilang, operator yang paling getol untuk mendapatkan sisa kanal terakhir tersebut adalah Telkomsel. Sebab, anak usaha Telkom itu memiliki jumlah pelanggan yang paling besar, lebih dari 120 juta pelanggan. Sehingga menganggap paling memerlukan sumber daya terbatas tersebut.


Sementara Presiden Direktur Xl Axiata Hasnul Suhaimi sebelumnya pernah menyatakan bahwa perusahaannya cuma berminat untuk mendapatkan satu kanal tambahan.


Operator medioker -- semisal Axis dan Tri -- pun bukan tanpa harapan. Meski dari sisi jumlah pelanggan, mereka masih belum seberapa. Namun dengan mendapatkan kanal tambahan 3G dinilai akan membantu mereka untuk berekspansi di masa depan.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!