Genjot Mobile, Wikipedia Bidik 1 Miliar Pengguna




(Ist)


Washington - Ensiklopedia online Wikipedia ingin merengkuh lebih banyak pengguna. Sebanyak 1 miliar pengguna ditargetkan hingga 2015. Untuk mencapai target tersebut, Wikipedia akan mengoptimalkan ranah mobile.

Target ini diungkapkan Jay Walsh, Senior Director of Communications Wikimedia Foundation, yang mengelola Wikipedia. Dia meyakini, cara ini akan menumbuhkan pengguna dua kali lipat dari angka sekarang.


Dikatakan Walsh, meluasnya penggunaan perangkat mobile di berbagai belahan dunia, terbukti akan mendukung petumbuhan tersebut. Dia juga berpendapat, untuk menjangkau orang-orang jauh yang tidak mudah menemukan komputer, ensiklopedia online versi teks saja sangat dibutuhkan.


"Ini sangat menantang, membuat website Anda tersedia di ponsel sederhana. Di wilayah seperti Timur Tengah, membuka ponsel dan mengakses situs seperti Wikipedia bisa menghabiskan banyak uang," ujarnya seperti dikutip Slash Gear, Rabu (6/2/2013).


Dia menambahkan, saat ini situsnya telah memiliki sekitar 483 juta pengguna dan jumlahnya masih terus tumbuh. Wikpedia menggandeng operator telekomunikasi seperti Orange dan VimpelCom untuk mendukung ekspansinya.


"Mereka menandatangani kesepakatan bahwa biaya data akan dikurangi saat mengakses Wikipedia online. Semua ini adalah bagian dari inisiatif mereka yang disebut Wikipedia Zero," jelas Welsh.


Wikipedia juga tampaknya berupaya menggaet minat lebih banyak orang untuk menjadi editor aktif. Meski jumlah penggunanya tumbuh, angka editor aktif Wikipedia menurun.


Di 2007, jumlah editor aktif Wikipedia -- dalam bahasa Inggris -- adalah 50 ribu orang. Setelahnya, jumlahnya terus turun hingga sekarang 33 ribu orang. Editor aktif adalah mereka yang mengedit dan memperbarui informasi di halaman Wikipedia setidaknya lima kali dalam sebulan.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!