Steve Woz: Apple Ketinggalan dari Smartphone Lain




Steve Wozniak (IntoMobile)


Amerika Serikat - Steve Wozniak menilai Apple yang didirikannya bersama Steve Jobs saat ini cukup ketinggalan di persaingan smartphone. Ini memungkinkan kompetitor seperti Samsung mampu mengejar ketertinggalannya.

Pernyataan ini terlontar dari mulut Woz, demikian sapaan akrabnya, dalam sebuah wawancara dengan media berbahasa Jerman, Wiwo.de saat perhelatan Business Week Best Brand Awards.


"Saya bangga Apple punya penggemar yang begitu setia. Tapi kesetiaan ini tidak diberikan, kebutuhan untuk memiliki produk terbaik selalu ada," kata Woz seperti diansir MacRumor, Jumat (8/2/2013).


"Saat ini Apple, dalam pendapat saya, agak di belakang dalam hal fitur di bisnis smartphone. Yang lain sudah mengejar. Samsung adalah pesaing besar. Karena mereka sekarang membuat produk bagus," jelasnya.


Komentar ini bagaimanapun terlontar dalam konteks yang mencerminkan kebanggaannya akan Apple dan produk-produknya. Namun seperti diketahui, Woz memang tidak fanatik akan produk Apple.


Berbeda dengan sahabatnya mendiang Steve Jobs, Woz cenderung bersikap netral. Hampir semua gadget dari bermacam platform dicobanya. Dan dia akan berkomentar jujur jika memang produk tersebut mengagumkan.


Dalam kesempatan ini, Woz juga menjelaskan mengapa dirinya rela antre di depan App Store saat produk terbarunya dijual pertama kali. Padahal sebagai pendiri Apple, dia tentunya punya keistimewaan untuk mendapatkan produk itu dengan mudah tanpa harus antre.


"Peluncuran produk terbaru Apple bagi saya seperti konser besar yang wajib dihadiri secara personal. Ini sejarah. Tentu saja, saya bisa dengan mudah memesan secara online atau hubungi manajer toko. Tapi itu tidak akan berkesan. Saya ingin punya pengalaman seperti pembeli biasa. Tapi satu hal yang pasti, jika Apple membuat produk buruk, saya tidak akan ada di antrean," pungkas Woz.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!