Penetrasi Internet Mobile Apple Kalahkan Nokia




iPhone


Jakarta - Untuk pertama kalinya, perangkat Apple yang berbasis iOS berhasil mengambil alih posisi puncak penetrasi internet mobile dari Nokia. Demikian laporan terbaru dari StatCounter.

Memang dalam data yang dikeluarkan, sepanjang tahun 2012 rata-rata penggunaan mobile dari sepuluh vendor ponsel terkemuka mengalami penurunan. Tetapi, Nokia yang mengalami penurunan paling tajam dari 37,67% menjadi 22,15%.


Demikian halnya dengan Apple yang mengalami penurunan dari 28,6% menjadi 25,8%. Untungnya, hasil ini justru membuat Apple merebut tahta Nokia yang telah berkuasa selama beberapa tahun terakhir.


"Ini berita baik dan buruk bagi Apple," kata CEO StatCounter Aodhnan Cullen, yang detikINET kutip dari Apple Insider, Selasa (5/2/2013).


Sebagai catatan, perusahaan analisis ini tidak memasukkan iPad ke dalam laporannya. Tetapi, perangkat seperti iPhone dan iPod Touch tetap dimasukkan.


Agak kontradiktif justru dialami Samsung. Secara sepanjang tahun 2012 lalu, vendor asal Korea Selatan tersebut mengalami kenaikan dari 14,8% menjadi 22,6%. Namun itu belum cukup membuat Samsung menggeser posisi Nokia di posisi kedua.


Laporan ini menyusun data berdasarkan lebih dari 15 miliar page view per bulan ke jaringan StatCounter yang lebih dari tiga juta website.


( tyo / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!