Dell Bicara Masa Depan Dell

Beijing - Laporan keuangan terakhir Dell yang baru dilansir dua pekan lalu sebenarnya tak terlalu buruk. Pendapatan Dell, USD 14,5 miliar, melampaui prediksi para analis.

Tapi Dell sulit melawan tren pasar yakni terus anjloknya bisnis PC. Padahal, sebagian besar pendapatan perusahaan yang didirikan Michael Dell itu bersumber dari divisi PC.


Lebih dari 60% pendapatan Dell masih disumbang oleh penjualan dari divisi PC. Bagaimana salah satu raksasa teknologi ini bertahan dalam situasi tersebut?


Beberapa bulan lalu, Michael Dell menyodorkan proposal kepada otoritas bursa saham Amerika Serikat dan para pemegang saham untuk menjadikan Dell sebagai perusahaan tertutup (go private).


Dengan menjadi perusahaan tertutup kembali, Dell berharap bisa mempercepat proses transformasi bisnis tanpa perlu direcoki urusan pemegang saham lain.


"Kami punya banyak sekali produk, tapi memiliki produk saja tak cukup. Kami harus mempercepat proses bagaimana melayani konsumen. Kami harus mempercepat investasi dan riset. Dan kami juga harus mempercepat proses pengembangan pasar-pasar yang potensial," kata Michael Dell, pendiri sekaligus CEO Dell Inc. saat membuka Dell Solutions Summit di Beijing.


Transformasi Dell sejak beberapa tahun terakhir sudah mulai menunjukkan hasil. Ketika bisnis PC melorot, pendapatan Dell dari Grup Enterprise Solutions tumbuh 8 persen. Bagi Michael Dell, pertumbuhan ponsel dan tablet merupakan peluang emas bagi mereka.


"Perangkat-perangkat mobile itu menarik banyak sekali data ke dalam jaringan. Pertumbuhan data itu akan mendorong kebutuhan pusat data dan itu kesempatan besar bagi Dell. Kami harus menyediakan solusinya dari ujung ke ujung," kata Michael.


Walaupun sangat serius membesarkan divisi Enterprise Solutions dan Software, Dell tak melupakan bisnis lamanya. "Kami hanya menambahkan lapisan-lapisan baru di bisnis enterprise," kata Amit Midha, Presiden Dell – Asia Pasifik dan Jepang.


Jeff Clarke, Vice Chairman & Presiden Global Operations & End User Computing Solutions menambahkan, peluang di bisnis PC masih besar. Pasar yang belum matang masih lebih dari separuh pasar komputer dunia.


"Dan sampai sekarang, PC masih menjadi perangkat produktivitas paling dominan di seluruh dunia," kata Jeff.


Nasib proposal Michael Dell akan ditentukan pada 12 September nanti. "Kami sangat optimistis proposal itu bakal lolos," lanjut Michael.


(sap/ash)