Kuis FotoStop: Ekspresi Hari Kemerdekaan!

Jakarta - Kuis FotoStop detikINET berlanjut dengan tema 'Hari Kemerdekaan' untuk bulan Agustus. Ya, ini sebagai upaya meramaikan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus.

Jadi, siapkan kamera Anda dan abadikan momentum-momentum menarik yang berhubungan dengan hari kemerdekaan RI ke-68.


Peserta bebas mengekspresikan 'kemerdekaan' dari sudut pandang mereka. Termasuk mengabadikan momentum perayaan hari kemerdekaan RI lewat jepretan kamera dengan kemasan yang menarik.


Bagi peserta yang beruntung dan memiliki koleksi foto ciamik bisa mendapatkan Rp 500 ribu dari detikINET.


Ayo, tunggu apa lagi! Siapkan kamera Anda untuk berburu momentum menarik di perayaan Hari Kemerdekaan RI!


Silakan kunjungi link berikut untuk menginput koleksi foto Anda pada kontes FotoStop detikINET.


Pemenang FotoStop Juli: Ngabuburit


Sementara pada bulan Juli kemarin dengan tema 'Gaya Asyik Ngabuburit' memunculkan Mashoeroel sebagai pemenangnya. Ia pun sedikit berbagi cerita tentang karya fotonya yang berjudul 'Membaca Al Quran' tersebut:


"Di Bulan Ramadhan, selain berpuasa umat muslim berusaha meningkatkan amal ibadahnya salah satunya adalah dengan membaca Al Quran. Dan kebetulan selepas sholat Ashar di Masjid Gede (Besar) Kauman Yogyakarta, banyak orang membaca Al Quran sambil menunggu waktu berbuka tiba," jelas Mashoeroel.


"Salah satu yang menarik bagi saya adalah orang yang membaca Al Quran di dekat jendela masjid, karena cahaya sore yang datang tepat mengenai wajah orang yang membaca Al Quran," lanjutnya.


Adapun untuk teknik pengambilan gambar, Mashoeroel yang kebetulan membawa kamera langsung mengabadikan momen tersebut. Kamera DSLR-nya disetting ke mode quiet (diam) agar suara kamera tidak mengganggu orang-orang yang sedang berkonsentrasi membaca Al Quran.


Selain itu sudut penggambilan gambar dari samping untuk mendapatkan cahaya yang mengenai bagian depan subyek sekaligus agar tidak mengganggu konsentrasi subyek yang dipotret.


"Mode bw (hitam putih) saya gunakan karena untuk mengeliminasi komposisi warna yang tidak klop antara karpet, pakaian subyek, dan sinar masuk. Foto diambil dengan kecepatan 1/20 sec, f4.5, ISO 800, focal lenght 40 mm," ia menandaskan.




(ash/ash)