Tablet Xperia Dibekali Ubuntu Touch

Jakarta - Target pembesut Ubuntu Edge yang tengah berusaha mengumpulkan dana pengembangan sebesar USD 32 juta mungkin tak akan tercapai. Hal tersebut dikarenakan batas waktu yang dibutuhkan untuk pengumpulan dana sudah mulai mendekati batas akhirnya.

Meski begitu, proyek Ubuntu Edge bukannya tanpa hasil, sistem operasi mobile berbasis Linux tersebut kini telah hadir bentuk prototipenya dan diujikan pada perangkat tablet.


Hal itu dibuktikan oleh tablet Xperia besutan Sony yang tengah digunakan untuk menguji sistem operasi besutan Canonical tersebut.


Berdasarkan video yang telah beredar, pengujian Ubuntu versi mobile yang dilakukan menggunakan tablet Xperia memang masih ditemukan sejumlah bug.


Namun secara keseluruhan sistem operasi dengan sebutan Ubuntu Touch tersebut mampu menunjukkan kinerja yang terbilang menjanjikan.


Ambisi proyek Ubuntu Edge sendiri adalah usaha pembesutnya yang ingin menghadirkan kemampuan dual boot pada sebuah smartphone ataupun tablet.


Adapun sistem operasi yang bakal didukungnya seperti dikutip detikINET dari The Next web, Senin (26/8/2013), adalah Ubuntu Touch dan Android.


Berikut video tablet Xperia yang tengah digunakan untuk menguji Ubuntu Touch.


(yud/ash)