Google Hadirkan Video Kualitas HD di Google+ Hangout

Jakarta - Kabar gembira bagi pengguna layanan video chat milik Google, Hangout. Baru saja, Google mengumumkan telah menghadirkan video berkualitas HD di layanannya tersebut.

Sebelumnya, kualitas HD ini sudah bisa dicicipi, namun bagi sebagian user saja. Google menjanjikan dalam beberapa minggu ke depan, semua pengguna akan sudah bisa menikmatinya.


Google menggarisbawahi bahwa untuk melakukannya, pengguna harus memiliki webcam dengan kemampuan HD, juga bandwith serta processing power yang lebih baik dibandingkan dengan video chat biasa.


Sebelumnya, GigaOm, seperti dilansir, Kamis (29/8/2013), melaporkan bahwa perusahaan teknologi tersebut diam-diam sudah melakukan transisi Hangouts dari H.264 video codec ke VP8. VP8 sendiri adalah open source codec yang dirilis Google tahun 2010 silam.


Adapun keuntungan memakai VP8 adalah memungkinkan pemakaian Hangout dalam HD. Ini adalah langkah pertama yang dilakukan Google sebagai persiapan menuju WebRTC yang memungkinkan pengguna melakukan video chat di browser tanpa butuh plugin apapun.


Namun Vice President of Engineering Google, Chee Chew mengatakan untuk sekarang ini WebRTC masih belum matang sehingga sepertinya masih butuh waktu lama untuk menuju standar tersebut.


(sha/ash)