Fenomena Fotografi Mobile: Tongsis!

Jakarta - Penggemar fotografi mobile tengah kedatangan aksesoris baru yang ramai digunakan dan diperbicangkan orang. Namanya tongsis alias tongkat narsis!

Tongsis ini semacam tongkat yang dapat dipanjangkan hingga 1 meter. Di ujung tongkat terdapat tempat untuk menaruh ponsel atau perangkat portabel lainnya.


Alat ini biasanya digunakan untuk pengguna yang ingin mengambil foto dalam posisi wide yang lebih luas karena keterbatasan perangkat mobile.


Selain itu, bisa juga digunakan untuk memotret diri sendiri dengan latar belakang yang lebih luas. Ya, dari sini mungkin asal muasal kata tongsis menyebar.


"Tongsis ini sendiri sebetulnya merupakan monopod, Mono artinya satu, Pod ya tripod. Kalau tripod biasanya tiga kaki, nah monopod ini satu," jelas salah satu penjual tongsis ini, Stevanus, saat berbincang dengan detikINET.


Stevanus yang sudah berjualan tongsis dalam dua bulan terakhir awalnya tak sengaja menemukan tongsis. Dia berkisah dari perjalanannya ke London, Inggris.


Saat itu dia menemukan di sebuah toko aksesoris di London tongkat monopod untuk kamera action, GoPro. Tapi di ujungnya hanya ulir untuk menanamkan kamera tersebut.


"Menurut gue itu asyik banget kalau bisa dipakai buat ponsel. Pas gue cari di intenet, di China ternyata ada produk yang menjualnya. Nah, mulai dari situ gue mulai menjual di Indonesia," katanya.


Monopod yang dijual oleh Stevanus ini dibanderol dengan harga Rp 250 ribu dan dia mengklaim termasuk generasi ketiga alias yang paling baru.


"Tongsis ini memang cocok buat yang gemar pengguna yang foto narsis atau foto berkelompok tapi terbatas space," katanya setengah berpromosi.


(tyo/ash)