IBM Flex Systems Bikin Cloud Lega di Pusat Data Kecil

Jakarta - IBM memperkenalkan tambahan penting dalam portofolio Flex System-nya. Solusi ini menggabungkan teknologi server dengan perangkat virtualisasi, jaringan dan pengelolaan yang diklaim memungkinkan pelanggan melakukan konsolidasi infrastruktur TI.

Hal ini memungkinkan pelanggan memakai ruang pusat data yang lebih kecil untuk menyebarkan, mengelola dan mengamankan lingkungan cloud mereka yang semakin besar.


Solusi ini dikeluarkan seiring dengan banyaknya perusahaan yang sedang berupaya untuk mengkonsolidasikan pusat data yang mereka miliki dan memindahkan beban kerja mereka ke cloud.


Sebuah penelitian baru-baru ini bahkan memprediksi bahwa pada tahun 2014, perusahaan-perusahaan akan memindahkan lebih dari 62% beban kerja basis data mereka ke cloud.


Produk baru tambahan Flex Systems ini memiliki fitur yang memungkinkan pelanggan melakukan pilihan ketika mereka ingin menguragi biaya dan berinvestasi dalam teknologi yang memberikan skalabilitas di waktu mendatang.


Penawaran ini terdiri dari tiga sistem yang dibangun di atas IBM Power7+ maupun sebuah sistem x222 'double dense' yang dibangun pada teknologi x86.


Selain itu, IBM telah melakukan peningkatan pada Flex System Manager yang memudahkan pelanggan memonitor dan mengelola hingga 5.000 end point infrastruktur dari manapun melalui perangkat iOS, Android dan BlackBerry.


Sebuah pabrik dari Swedia bernama Tomologic, bekerja sama dengan periset dan pabrik mesin potong global dari the Swedish Institute of Computer Science, KTH dan Uppsala University, telah melakukan pemindahan ke cloud pada x222 Flex System yang baru.


Tomologic akan menggunakan perangkat ini untuk mengirim software sebagai jasa yang mengoptimalkan proses pemotongan metal dan bahan baku lain dengan menggunakan algoritma komputasional yang canggih dan unik.


Algoritma ini bakal memungkinkan pelanggan Tomologic untuk menghasilkan lebih banyak potongan dari lembar yang sama, mengurangi jumlah bahan yang terbuang, dan meningkatkan pemanfaatan kapasitas mesin.


Karena berbasis cloud, Tomologic dapat secara bersamaan meningkatkan efisiensi algoritma dan layanan tanpa mengganggu produksi pengguna akhir.


Selain penyebaran melalui cloud, pelanggan memilih Flex System untuk meningkatkan infrastruktur mereka ketika mereka mengganti sistem lama mereka.


Contoh lain adalah Libra Internet Bank, salah satu penyedia layanan perbankan terkemuka di Rumania, mengumumkan bahwa mereka akan mengganti sistem lama yang mereka gunakan di infrastruktur produksinya.


Libra Internet Bank pun berharap pusat data Flex System yang baru akan meningkatkan keamanan, performa dan efisiensi layanan perbankan yang mereka tawarkan.


(ash/ash)