Satu Developer Bikin 47 Ribu Aplikasi di BlackBerry World

Jakarta - Saat ini BlackBerry World sudah dijejali sekitar 120 ribu aplikasi. Tapi, siapa sangka sebagian besar aplikasi di toko tersebut ternyata dibuat oleh satu developer saja. Alhasil kualitas aplikasinya dipertanyakan.

Developer bernama S4BB diketahui membuat tak kurang dari 47 ribu aplikasi di toko onlie BlackBerry. Ini artinya lebih dari 40% aplikasi yang tersedia di BlackBerry World, besutan S4BB.


Dari sisi kuantitas ini memang bagus, tapi tidak demikian dengan kualitas. Pasalnya, sebagian besar aplikasi yang dibuat oleh developer asal Hong Kong itu tidak berguna. Demikian yang detikINET kutip dari The Register, Minggu (25/8/2013).


Sebab, setelah diteliti lebih jauh, aplikasi yang dibuat S4BB itu tak mempunyai manfaat bagi penggunanya atau malah bisa disebut tak layak dianggap sebagai aplikasi.


Sekedar perbandingan, Windows Phone yang juga tergolong baru mempunyai sekitar 170 ribu aplikasi di tokonya. Jauh bila membandingkan dengan aplikasi di iOS dan Android. Apalagi bila akhirnya, aplikasi milik S4BB ini dihapus, maka tak seberapa aplikasi yang ada di BlackBerry World.


Memang CEO BlackBerry Thorsten Heins mengemukakan niatnya agar eksosistem BlackBerry bisa didorong lebih jauh. Walau pada kenyataanya, BlackBerry 10 masih sepi peminat dari para pegembang.


(tyo/yud)