HTC Ingin Bikin OS Alternatif Android

Jakarta - Mengembangkan OS sendiri menjadi bagian dari upaya HTC menarik pasar smartphone China yang terus bertumbuh. Pembesut ponsel asal Taiwan ini kabarnya mempertimbangkan untuk membuat alternatif Android.

Tak jelas apakah OS ini akan dibangun dari awal atau di atas Android. Namun menurut laporan Wall Street Journal, software yang dikembangkan HTC akan menawarkan integrasi yang dalam dengan layanan mikroblooging China Weibo.


Tentunya, ini akan membantu HTC mencapai tujuannya, menarik minat para pengguna ponsel China. Lebih jauh lagi, HTC disebut-sebut berusaha mendekati pemerintah China untuk mengembangkan ekosistem software lokal.


Dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (29/8/2013), cara ini diyakini HTC ampuh untuk mengambil hati pemerintah China. Negeri Tirai Bambu ini bercita-cita mengurangi ketergantungan terhadap raksasa teknologi seperti Google dan Apple.


Maret silam, Kementerian Teknologi China mengatakan industri mobile di negara mereka terlalu bergantung pada Android Google. Itu sebabnya, China mendukung penuh Alibaba dan Baidu, raksasa internet negeri mereka, membuat OS sendiri.


HTC sendiri mengalami penurunan keuntungan dalam dua tahun terakhir. Diperkirakan HTC akan merugi besar pertama kalinya dalam sejarah mengingat perusahaannya terus kehilangan pangsa pasar, tergerus oleh Samsung.


Di sisi lain, pangsa pasarnya di China tumbuh dari 2,6% dalam tiga bulan pertama tahun ini, menjadi 6% di kuartal kedua. Samsung sebagai pesaingnya, memimpin pasar China dengan porsi pangsa pasar 19,4% .


Para pembesut handset lokal mendapat tempat istimewa. Lenovo, Coolpad , Huawei dan ZTE, masing-masing memiliki porsi antara 9,7% hingga 12,3%. Apple sendiri tak berdaya jika dihadapkan dengan pasar China. Pangsa pasar pembesut iPhone ini hanya 3,4% di sana.


(rns/ash)