Dell dari PC ke Enterprise dan Software

Beijing - Sebagian dari kita barangkali hanya mengenal PC, laptop dan tablet Dell. Tapi Dell yang kita kenal hari ini bukan hanya salah satu raksasa pembuat komputer dunia, tapi juga penyedia solusi teknologi informasi bagi perusahaan.

Pesaing Dell bukan hanya Asus, Acer, Toshiba dan Lenovo, tapi juga IBM, HP, Cisco Systems, dan sebagainya.


"Kami menjadi pemimpin pasar server di China, Asia Pasifik dan Amerika Utara. Dan kami akan berusaha menjadi pemimpin pasar dunia," kata Marius Haas, Presiden Dell untuk Enterprise Solutions dalam Dell Solutions Summit di Beijing, kemarin.


Bahkan, di pasar storage, Dell unggul dibanding pemain lain. "Kami nomor satu di pasar storage seluruh dunia".


Divisi Enterprise Solutions merupakan satu-satunya divisi di Dell yang tumbuh positif pada tiga bulan terakhir. Divisi yang dipimpin Marius ini menyumbang USD 3,3 miliar pendapatan bagi Dell atau tumbuh 8% ketimbang tahun lalu. Marius optimistis kontribusi mereka bagi perusahaan bakal terus membesar.


Apalagi, walaupun kondisi ekonomi dunia masih belum stabil, tapi sudah mulai terlihat sinyal-sinyal positif. "Kami lihat tanda-tanda pertumbuhan di Amerika Serikat dan EMEA (Eropa dan Timur Tengah-Asia), dan kami yakin beberapa waktu lagi perekonomian China dan Asia Pasifik juga akan lebih stabil," ujar Marius.


Di balik ketidakpastian perekonomian dunia, satu hal yang tampak kasatmata yakni melesatnya bisnis teknologi informasi.


Menurut Marius, pertumbuhan bisnis internet otomatis bakal berimbas positif pada penjualan server Dell dan perangkat pendukung lainnya. "Kami memberikan solusi dari ujung ke ujung," imbuh Steve Felice, Chief Commercial Officer Dell.


Menurut Steve, ada tiga strategi Dell untuk merebut pasar. "Pertama, kami memberikan solusi yang fleksibel, mudah di-scale-up atau di-scale-down. Kedua, solusi yang simpel, gampang dikelola. Ketiga, kami memberikan keleluasaan bagaimana mereka akan berhubungan dengan kami. Mau lewat telepon, internet, bertemu langsung atau lewat mitra kami," ia menjabarkan.


Satu divisi Dell yang paling belia adalah divisi software. Umurnya belum dua tahun. "Kami akan bekerja keras supaya dikenali konsumen. Kami akan melakukan apapun untuk memperbesar kontribusi kami ke total pendapatan Dell," lanjut John Swainson, Presiden Grup Software Dell.


(sap/ash)