Mengapa Apple Enggan Bikin iPhone Murah?

Jakarta - iPhone berharga murah ternyata memang hanya impian. Dua model iPhone terbaru yang baru dirilis Apple, yakni iPhone 5S dan 5C harganya sama-sama mahal. Mengapa Apple enggan merilis iPhone murah?

iPhone 5C yang banderolnya di bawah iPhone 5S pun dijual di atas Rp 7 juta. Padahal awalnya, ada yang memperkirakan Apple akan menjualnya di kisaran Rp 3-4 juta saja untuk menggoyang dominasi handset Android murah.


"Pengumuman mereka kemarin adalah untuk mendemonstrasikan value yang superior dari sebuah iPhone," sebut Ben Thompson, analis teknologi yang detikINET kutip dari ComputerWorld, Sabtu (14/9/2013).


"Apple pada dasarnya mengatakan, kami tidak perlu menjadi murah, kami tidak perlu menjadi low end. Apple merasa konsumennya tidak peduli meskipun harga iPhone tidak murah," tambahnya.


Namun kengototan Apple untuk menjaga harga iPhone tetap tinggi membuat investor khawatir yang berujung pada penurunan harga saham. Sebab, para rival terutama vendor Android membanjiri pasar dengan smartphone murah dan terbukti laris. Sehingga makin menggerogoti pangsa pasar iPhone.


(fyk/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!