Garap 'Otak' Ponsel 64 bit, ARM Susul Apple

Jakarta - Tidak lama lagi Apple bukanlah satu-satunya produsen yang mengandalkan prosesor 64 bit pada smartphonenya. Desainer chip ARM pun tengah menggarap prosesor yang mengadopsi teknologi 64 bit.

Mengusung arsitektur Cortex-A57, chip yang masih sangat tertutup dalam pengembangannya ini dilaporkan digarap oleh ARM bekerjasama dengan sejumlah produsen smartphone besar.


Sayangnya belum jelas apa saja produsen smartphone yang dimaksud. Namun diduga kuat salah satu produsen asal Korea Selatan menjadi salah satu di antaranya.


Seperti diketahui generasi terbaru iPhone telah dibekali prosesor A7 yang telah mengusung teknologi 64 bit. Makin canggih lagi kala A7 juga dilaporkan mengandalkan 1 miliar transistor di dalamnya. Kinerjanya yang diusungnya pun diklaim meningkat signifikan sejak awal kehadiran iPhone.


"iPhone 5S merupakan lompatan besar dalam kinerja komputasi mobile. Performa prosesornya 56 kali lebih cepat sejak generasi awal iPhone," klaim Philip W. Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing, Apple Inc.


Selain kemampuan prosesor yang didongkrak, performa GPU pada iPhone 5S juga sangat memadai karena telah mendukung grafis berbasis OpenGL ES 3.0. Hal ini pun diakui Epic Games selaku pembesut game Infinity Blade yang tengah menyiapkan versi terbaru game tersebut.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!