Percantik Kota dengan Lampu LED

Jakarta - Sebagian orang mungkin berpikir jika lampu hanya berfungsi untuk penerang di kala gelap. Namun ternyata tidak hanya itu, ide segar sebagai pemanis pun bisa dilakukan oleh lampu LED.

Ide inilah yang tengah digalakkan Philips. Lewat lampu LED, mereka berharap bisa mempercantik taman dan gedung sehingga membuat orang terkesima.


Dengan lampu inovasi baru Light Emitting Diode (LED), Philips mengajak masyarakat untuk melihat bahwa lampu dengan sistem ini akan bertahan jauh lebih lama dibandingkan lampu biasa. Daya tahannya mencapai 15 tahun!


"Lampu LED ini hemat energi, ramah lingkunggan dan lampunya bisa bertahan hingga 15 tahun," kata Business Development Manager Professional Sales Lighting Growth Markets, Daniel Gooijeer di Lighting Experiance Center Singapura, Senin (9/9/2013).


Daniel juga mengatakan selain untuk menerangi rumah, lampu LED ini digunakan oleh Philips untuk mempercantik taman, gedung dan objek wisata. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Singapura. Philips membantu merancang, instalasi hingga perawatan.


"Kita mendesain, instalasi juga melakukan perawatan lampu hingga awet dan tahan lama," kata Daniel.


Di kesempatan yang sama, Marketing Manager Commercial and OEM Proffesional Lighting Channel, Danny Hardadi Gunadi menambahkan, awalnya Philips memperkenalkan lampu hemat energi kepada masyarakat. Namun, semakin berkembangnya waktu maka lahirlah inovasi lampu LED ini.


Danny mengatakan salah satu contoh proyek Philips adalah Monas. Menurutnya sebelum ada cahaya yang berwarna-warni Monas kurang menarik. Kini, setiap orang akan melihat indahnya monas dengan pencahaan dari lampu LED.


"Lampu digital sehingga lampu bukan cuma untuk terang tapi bisa jadi icon, orang yang enggak ngeh monas dengan adanya digital light jadi lebih menarik dan bisa jadi daya tarik pariwisata," ujar Danny.


Nah, pernah lewat Jalan Antasari yang dekat Blok M. Kalau kita lewat jalan bawah, saat malam hari tiang-tiang pancang yang bediri tegak dan gagah itu akan terlihat bewarna-warni. Sehingga pengguna jalan akan merasa terhibur dengan adanya efek cahaya tersebut.


Danny menambahkan jembatan Ampera yang terkenal dengan keindahan lampunya juga hasil kerjasama pemerintah daerah dengan Philips. Lampu yang terang dan berwarna warni bisa menjadi salah satu daya tarik pariwisata.


Danny mengatakan contoh lain adalah lampu penerangan jalan dan trotoar di Singapura. Hampir semua jalan dan trotoar disinari oleh Philips Iridium. Rangkaian Philips Iridium memberikan tiga solusi.


"Cocok untuk penerangan dengan berbagai ketinggian, daya tahan lama dan elegan untuk dipergunakan di perkotaan," imbuhnya.


Penggunaan LED untuk penerangan jalan memiliki 3 keuntungan yakni hemat energi, tingkat polusi cahaya yang rendah dan ramah lingkungan.


(slm/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!