Apple Patenkan Teknologi iPhone Tahan Banting

Jakarta - Selepas peluncuran generasi terbaru iPhone, inovasi Apple masih terus berlanjut. Perusahaan yang berpusat di Cupertino, AS, itu baru saja mendaftarkan hak paten atas penemuan barunya.

Didaftarkan hanya selisih dua hari sebelum peluncuran iPhone 5S dan 5C pada beberapa hari lalu. Temuan terbarunya itu merupakan inovasi Apple yang ingin menghadirkan smartphone tahan banting.


Berdasarkan paten yang didaftarkan, hal ini dimungkinkan berkat penggunaan dua buah lapisan safir yang terletak pada bagian muka dan belakang iPhone.


Bila telah dibekali teknologi ini, mengandalkan ketahanan safir sebagai material terkuat kedua di bumi, saat sebuah iPhone terjatuh, diharapkan tidak akan ada kerusakan berarti yang dialami.


paten apple


Namun yang menjadi keraguan banyak analis, seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Jumat (13/9/2013), adalah pengolahan material safir yang disebut memiliki tingkat kesulitan tinggi.


Selain itu, biaya untuk melakukan pengolahannya pun dipastikan bakal selangit. Yang mana akhirnya akan berdampak pada banderol iPhone yang ditawarkan Apple kelak.


Meski begitu material safir sendiri telah diadaptasi Apple pada tombol home iPhone 5S. Adapun tujuan penggunaannya adalah untuk melindungi sensor TouchID yang ada di baliknya sebagai pengenal sidik jari penggunanya.


(yud/ash)


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!