Samsung Benamkan Tizen di Smart TV

Jakarta - Tizen memang terkesan dianaktirikan, namun nyatanya sistem operasi yang merupakan hasil kolaborasi Samsung dan Intel tersebut masih dikembangkan.

Selain bakal menjadi alternatif platform Android bagi smartphone, Samsung dilaporkan juga akan mengandalkan Tizen guna mempersenjatai smart TV besutannya.


Diungkap Boo Keun-Yoon, petinggi yang juga menjabat sebagai co-CEO Samsung itu menyatakan kehadiran Smart TV berbasis Tizen pada tahun depan.


"Tizen akan digunakan pada beberapa smartphone begitu juga pada TV dan peralatan rumah lainnya," ujar Keun-Yoon, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (13/9/2013).


Meski begitu salah seorang juru bicara Samsung juga mengatakan bahwa keputusan tersebut masih akan ditentukan oleh kondisi pasar nantinya.


Tizen sendiri dikembangkan Samsung bersama Intel. Berbasis Linux, Tizen dipromosikan Linux Foundation sebagai alternatif platform Android. Tizen sendiri adalah pengembangan dari platform MeeGo yang dulu dikembangkan Nokia bersama Intel dan LiMo.

(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!