Laptop Berprosesor 14nm Siap Menggebrak

San Francisco - Ultrabook berprosesor 22 nanometer (nm) baru dikapalkan, tapi Intel sudah memperlihatkan ultrabook yang memakai prosesor berteknologi 14nm.

Adalah Chief Executive Officer (CEO) Intel yang baru, Brian Krzanich, yang mengumumkan bahwa Intel saat ini sudah memproduksi prosesor System on a Chip (SoC) yang diproduksi dengan teknologi proses 14nm berkode Broadwell.


Tak asal bicara, Krzanich memperlihatkan sebuah laptop anyar yang sudah dipersenjatai dengan Broadwell itu. Belum diketahui apa merek laptop tipis yang diperlihatkan Krzanich pada pembukaan Intel Developer Forum 2013 di Moscone West, San Fransisco, California, Selasa waktu setempat.


Tapi Krzanich meyakinkan peserta bahwa laptop itu bukan dummy, melainkan laptop yang berfungsi normal. "Kami akan mengapalkan prosesor ini pada akhir 2013,” ujarnya.


Krzanich menjanjikan, performa Broadwell akan 30% lebih baik ketimbang generasi awal Haswell, keluarga prosesor yang baru saja diluncurkan pada awal tahun ini.


Performanya lebih kencang, tenaga baterai lebih lama, dan hemat energi untuk perangkat 2in1 (laptop-tablet) dan perangkat tanpa kipas, ultrabook, dan berbagai macam desain komputer pribadi.


Sebelumnya, Krzanich sudah memperlihatkan sebuah laptop tanpa kipas (fanless) yang bekerja dengan Haswell-Y yang hanya membutuhkan energy 4,5 watt. Bahkan, prosesor Core i5 dan i7 juga akan dihadirkan dengan konfigurasi tanpa kipas itu.


Lalu, mulai awal tahun depan, Intel juga akan membawa teknologi proses 14nm itu ke keluarga prosesor Atom, yakni Airmont.


(DES/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!