Wusss... Kecepatan Thunderbolt 2 Tembus 20 Gbps

San Francisco - Setelah dua tahun tak diperbaharui, Intel akhirnya merilis Thunderbolt 2 pada perhelatan Intel Developer Forum 2013. Thunderbolt pertama adalah teknologi interkoneksi yang mampu menghubungkan sampai 6 perangkat dengan kecepatan data 10 Gbps.

Nah, versi kedua ini diperbarui dengan kecepatan transfer data sampai 20 Gbps pada saluran tunggal. Dia mampu menyalurkan data dan gambar sekaligus dalam satu kabel.


Rahasianya adalah dukungan terhadap rate data PCI Express yang lebih tinggi dan DisplayPort 1.2 yang membuatnya sebagai teknologi koneksi pertama yang dapat mentransfer data dan gambar video 4K tak terkompresi secara stimultan.


Dengan kemampuan ini, Thunderbolt 2 membuka kemungkinan peningkatan proses dalam penciptaan multimedia dan workflow. Apple bahkan sudah mengumumkan bakal memasang enam port Thunderbolt 2 pada versi anyar Macbook Pro.


Begitu juga vendor komputer lainnya. HewlettP misalnya, akan memasang Thunderbolt 2 pada desktop workstation terbarunya. Jim Zafarana, salah seorang eksekutif HP, mengatakan Thunderbolt 2 akan hadir pada workstation ZBook sampai desktop seri Z yang memakai prosesor Intel Xeon ganda.


Adapun Lenovo akan memperkuat ThinkPad W540 yang sudah memakai prosesor Intel Core generasi keempat (Haswell) dengan Thunderbolt 2. Sedangkan ASUS, Gigabyte, dan ASRock mengumumkan akan segera memasarkan motherboard yang mendukung Thunderbolt 2.


Sedangkan yang langsung meluncurkan produknya adalah pembuat storage Promise Technology dengan seri Pegasus2, Sonnet dengan Echo Express III, dan AJA. "Dengan makin luasnya adopsi video 4K, Pegasus dengan Thunderbolt 2 akan merevolusi pembuat video dalam mengelola 4K," kata James Lee, CEO Promise.


(DES/ash)