Ambisi Intel Kuasai Semua Segmen Komputer

San Francisco - Brian Krzanich sebetulnya sudah mulai menjabat sebagai CEO Intel pada Mei lalu. Tapi perhelatan Intel Developer Forum 2013 di San Francisco menjadi kesempatan pertama bagi dia untuk menyampaikan rencana pabrikan mikroprosesor itu di bawah kendalinya.

Kepada ratusan peserta IDF di Moscone West, San Fransisco, pada Selasa waktu setempat, Krzanich mengungkapkan optimismenya bahwa Intel bisa memenangkan pasar. "Kami punya aset terbaik dan pengembang, sehingga saya sangat percaya diri," katanya.


Strateginya? Sederhana, kata Krzanich. "Kami akan hadir di semua segmen komputasi," ujarnya.


Krzanich menambahkan, Intel saat ini sudah hadir di segmen datacenter, komputer pribadi, tablet, sampai telepon seluler cerdas. Dia pun optimistis Intel bisa memenangi semuanya.


Tentang datacenter, dia bilang, Intel sudah hadir di segmen low end sampai high end karena saat ini mau tak mau pihaknya harus mengantisipasi terjadinya ledakan data.


Di segmen komputer pribadi, Krzanich mengakui bahwa segmen ini sedang mengalami reinventing karena ada banyak inovasi yang sedang terjadi. Daya baterai semakin lama, bentuknya semakin ramping, tapi tanpa mengorbankan kapabilitas komputasinya.


"Kami terus mendengarkan masukan pengguna tentang apa yang mereka inginkan tentang komputer pribadi," lanjutnya.


Selain memperlihatkan laptop masa depan yang sudah memakai prosesor 14nm berkode Broadwell, Krzanich juga mengingatkan akan makin tingginya permintaan akan laptop 2in1 yang memiliki karakteristik laptop dan tablet dalam satu perangkat.


Tentang tablet, Krzanich mengingatkan bahwa Intel pun sudah menggarap pasar tersebut, yakni dengan menghasilkan tablet Windows 8 dan Android yang memakai prosesor Bay Trail. Saat ini, sudah ada 20 tablet Android dan Windows 8 yang siap dikapalkan dengan harga di bawah USD 100.


Krzanich menjanjikan performa Bay Trail akan lebih baik dalam hal tenaga maupun daya baterai dibandingkan Clover Trail dan Clover Trail+ sebelumnya. Soalnya, Atom SoC Bay Trail ini diproduksi dengan teknologi 22nm memakai transistor 3D Tri-Gate.


Lalu, Krzanich juga memperlihatkan sebuah ponsel yang memakai prosesor berkode Merrifield, yakni chip SoC berteknologi 22nm yang performanya diklaim 50% lebih baik ketimbang produk Intel saat ini.


Ponsel yang akan dikapalkan tahun depan itu pun telah dilengkapi dengan modem Intel XMM 7260. Modem itu memungkinkan ponsel pintar dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) sehingga mendukung transfer data dan suara.




(DES/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!