Panasonic Lepas 2 Camcorder Full HD

Jakarta - Bagi sebagian kalangan, merekam video dengan camcorder masih menjadi pilihan. Namun merespons kondisi pasar yang berubah, Panasonic selaku salah satu produsen piranti ini akhirnya melakukan transisi pada produknya.

Ya, makin banyaknya piranti dengan hybrid function, yakni bisa mengambil still photo dan video, hingga perkembangan flat panel TV yang sudah full HD, memaksa Panasonic untuk memberikan nilai tambah pada produk-produknya, salah satunya dari sektor resolusi video.


"Secara transisi kita coba mematikan standar HD (High Definition)," tukas Agung Ariefiandi, Digital Imaging Product Marketing Spv PT Panasonic Gobel Indonesia kepada detikINET.


Ia menjelaskan pihaknya telah berhenti menjual standar HD pada tahun lalu dan untuk tahun 2013 ini semua line-up camcorder Panasonic sudah mendukung resolusi full HD.


Dua jagoan camcorder terbaru mereka yakni HC-V720 dan HC-V520 adalah beberapa di antaranya. Bertempat di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2013), Panasonic memaparkan kelebihan kedua produk tersebut.


Selain sudah mendukung hasil perekaman video 1080p (1920x1080), model ini juga dibekali dengan fitur nirkabel WiFi. Keberadaan WiFi Function ini akan menjadikan smartphone atau tablet sebagai remote control hingga home monitoring.


Dijelaskan oleh Agung, home monitoring ini lebih lebih berfungsi sebagai security camera. Jadi saat pengguna menempatkan camcorder dalam posisi ON di rumah, ia bisa memonitor apa yang terekam di sana melalui komputer tablet, meski sedang berada di tempat lain.


"Fitur lainnya adalah kita bisa live broadcasting menggunakan Ustream," tambahnya. "Jadi pengunaan-penggunaan seperti ini yang kita coba tambahkan di 2013, sebagai pembeda dengan camcorder lainnya, atau dibandingkan tahun sebelumnya atau dibandingkan dengan SLR," urai Agung.


Seri V720 memakai Sensor Sensitivitas Tinggi terbaru yang dipadukan dengan prosesor Crystal Engine Pro. Untuk still photo, seri ini mampu menghasilkan gambar foto 20,4MP.


Piranti itu dipasangkan dengan lensa wide 28mm dan kemampuan optical zoom 21x serta Intelligent zoom 50x. Ada juga teknologi NFC (Near Field Communication).


Sedangkan V520 menggunakan sensor BSI (Back-Side Illumination) 2,25 MP dan bisa melakukan zoom hingga 80x dan optical zoom sampai 50x. PT Datascrip selaku distributor tunggal camcorder Panasonic membanderol harganya di angka Rp 7,3 juta untuk HC-V720 dan Rp 4,9 juta untuk HC-V520.


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!