Mengulik Generasi Ketiga AMD APU

Jakarta - Generasi ketiga AMD APU memang sudah diperkenalkan sejak Juli 2013 lalu, namun nyatanya produk-produk yang menggunakan chip tersebut baru membanjiri pasar notebook Indonesia.

APU memang masih dan akan terus menjadi primadona produk AMD selama beberapa tahun ke depan. Apa yang ditawarkan chip ini memang terlihat menjanjikan karena memadukan fungsi GPU dan CPU dalam satu kemasan.


Alhasil, bukan cuma bisa menekan harga. Chip tersebut juga memberikan performa lebih, ukuran yang lebih kompak, serta fleksibilitas saat ingin menggunakan dual GPU. Dengan APU istilahnya penggabungan itu disebut hybrid.


Dengan janji seperti itu AMD APU memang memiliki masa depan yang cerah. Sampai-sampai, chip jenis ini dipakai pada Xbox One dan PlayStation 4.


Kini generasi ketiga AMD APU sudah mulai popular dan banyak dipakai produsen komputer jinjing.


"Acer yang paling pertama menggunakan APU generasi ketiga, sekarang sudah ada Hewlett-Packard (HP), Lenovo, MSI, Samsung dan Toshiba," kata Victor Herlianto, Consumer Business Lead AMD Indonesia, saat ditemudi detikINET kemarin, Kamis (13/9/2013).


APU generasi teranyar ini dibedakan AMD dalam tiga segmen yang mereka sebut, AMD APU Elite Mobility (Temash), AMD APU Mainstream (Kabini), dan AMD APU Elite Performance (Richland). Ketiganya diklaim sebagai solusi ideal untuk kebutuhan pasar PC, yaitu dengan menghadirkan peningkatan performa dan efisiensi daya.


Berdasarkan spesikasinya, Temash dirancang untuk memperkuat kelas produk notebook layar sentuh mini dan tablet hibrid dengan layar 13 inci atau lebih kecil. Sedangkan Kabini yang juga dikenal AMD APU Mainstream akan mempersenjatai notebook kelas entry level dan layar sentuh mini.


Sedangkan AMD APU Elite Performance, atau Richland, adalah versi hemat daya untuk kelas notebook ultrathin. Seri ini menawarkan perfoma dan konsumsi daya yang berimbang, cocok untuk notebook ultrathin premium.


Secara teknis APU generasi teranyar ini juga punya beberapa keunggulan dari seri sebelumnya, salah satunya dari sektor grafis yang sudah menggunakan seri 8000. Kemudian ada juga beberapa fitur yang kian disempurnakan seperti AMD Turbo Core, Eyefinity, Wireless Display dan Dual Graphics.


Software pendukung untuk ketiga kategori APU itu juga ditingkatkan, yakni dengan hadirnya, AMD Elite Experiences Software untuk memanfaatkan gabungan kekuatan core grafis dan dan CPU.


Kemudian ada juga AMD Gesture Control untuk mengendalikan fungsi dasar dengan sentuhan tangan, dan AMD Face Login sebagai fitur pengenalan wajah untuk menjamin keamanan, dan beberapa fitur tambahan lainnya.


"Semua itu adalah nilai lebih yang kami tawarkan untuk konsumen AMD APU," tambah Victor.


Nah, untuk lebih dekatnya, berikut adalah kemampuan yang dijanjikan ada pada ketiga jenis APU generasi teranyar.


AMD APU Elite Mobility 2013


Quad-core x86 SoC APU pertama dengan fabrikasi 28nm. Sebagai bagian dari AMD APU A-Series, platform baru ini menyatukan platform CPU x86 Jaguar dengan Graphics Core Next AMD Radeon HD 8000 series dan tersedia dalam pilihan dual-core (A4) dan quad-core (A6).


AMD APU Elite Mobility 2013 ini dirancang untuk dipakai pada notebook layar sentuh mini, tablet, dan tablet hybrid dengan ukuran layar 13 inch atau lebih kecil untuk menikmati konten multimedia dan game kelas atas dengan kualitas HD.


Dilengkapi dengan teknologi AMD Turbo Dock yang secara otomatis meningkatkan kinerja AMD Accelerated Processing Unit (APU) ketika PC hibrid dipasangkan pada base unit/docking dan digunakan untuk tugas-tugas yang lebih kompleks misalnya kreasi konten.


Di sisi lain, dengan teknologi ini ketika berada pada mode tablet maka konsumsi daya menjadi lebih rendah yang membantu untuk menghemat pemakaian baterai, sehingga pengguna bisa lebih lama menonton video atau film serta browsing.


Kinerja CPU per watt 172% lebih baik dan kinerja grafis per watt 212% lebih baik untuk dibanding pendahulunya, serta didukung daya tahan baterai hingga 12 jam.


AMD APU Mainstream 2013


SoC quad-core x86 pertama di kelasnya dengan grafis mumpuni. Coba menyeimbangkan antara fungsi dan harga untuk notebook entry-level dan layar sentuh mini.


Menggabungkan CPU x86 dual-core atau quad-core Jaguar dengan Graphics Core Next AMD Radeon HD 8000 series.


APU Mainstream quad-core 2013, bagian dari keluarga AMD APU A-Series 2013 (A4 dan A6), adalah solusi CPU quad-core x86 pertama dan satu-satunya untuk notebook layar sentuh entry-level.


Versi dual-core adalah AMD APU E-Series yang tersedia dengan model E1 dan E2.


AMD APU Elite Performance 2013


Lini AMD APU A-Series mobile terbaik yang tersedia dengan model A8 dan A10 yang mampu mengantarkan grafis dan komputasi terbaik di kelasnya, termasuk performa dan daya tahan baterai.


Kinerja produktivitas dikaim 12% lebih baik dan kinerja visual 20-40% lebih baik dibanding generasi sebelumnya, tapi 51% lebih hemat daya.


Kinerja saat dipakai untuk bermain game juga meningkat, AMD mengklaim sekitar 39-72% lebih baik ketika memainkan game-game terbaik saat ini.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!