Cortana, Pesaing Apple Siri dari Microsoft

Jakarta - Cortana, demikian nama asisten digital yang tengah dikembangkan Microsoft untuk menantang Apple Siri dan Google Now. Uniknya, Cortana dikembangkan berdasarkan karakter game.

Banyak yang tak mengira bahwa dalam bocoran Windows Phone beberapa bulan lalu terdapat aplikasi bernama zCortana. Embel-embel depan 'z' berarti aplikasi itu sedang dalam masa uji coba.


Kini nama Cortana kembali terdengar, karena kabarnya aplikasi pintar ini akan dibenamkan pada Windows 'blue' yang dijadwalkan meluncur awal 2014 nanti.


Nama Cortana sendiri sebenarnya adalah salah satu karakter dalam game Halo. Dalam game tersebut, tokoh ini merupakan sosok wanita yang tergambar dari intelegensi buatan.


Cortana pintar. Karena ia tak sekadar bisa menerima perintah, tapi juga belajar, beradaptasi, dan membalas semua ucapan dengan perkataan yang natural serta terdengar pintar. Tapi itu yang terlihat dalam game.


Microsoft sendiri sudah sempat berucap soal rencananya untuk membuat asisten digital yang berbeda pada tahun 2011 silam. Namun mereka juga menyadarai bahwa hal itu tidak akan terwujud dalam waktu dekat, diperkirakan antara tahun 2014 sampai 2016.


Seperti dikutip detikINET dari zdnet, Jumat (13/9/2013), kabarnya Cortana tidak hanya akan tersedia untuk smartphone, tapi juga perangkat Windows lainnya seperti komputer desktop, laptop dan tablet PC.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!