HDMI 2.0 Muluskan Tampilan Video 4K

Jakarta - Menyambut kebutuhan atas kualitas video yang semakin tinggi, pemegang lisensi HDMI mengumumkan spesifikasi terbaru produk mereka, HDMI 2.0.

Standar baru ini diklaim memiliki beberapa penyempurnaan dari seri sebelumnya, yakni HDMI 1.4. Di antaranya adalah bandwidth mencapai 18 Gbps, lebih tinggi dari sebelumnya yang hanya sampai 10 Gbps.


Alhasil, interface HDMI 2.0 mendukung output video 4K (3,840 x 2,160 pixel) hingga 60 fps. Jauh lebih besar dibanding film full HD 1080p saat ini yang kebanyakan hanya mendukung 30 fps.


Selain kemampuan mengeluarkan video dengan kualitas yang lebih baik, HDMI 2.0 juga mendukung audio 32 channel dan dynamic auto lip-sync, serta tambahan ekstensi untuk CEC.


"HDMI 2.0 mewakili tonggak sejarah besar bagi HDMI Forum. Para anggota kami berkolaborasi erat untuk menyajikan spesifikasi HDMI ke tingkat berikutnya dengan memperluas fitur audio dan video bagi aplikasi-aplikasi elektronik konsumer," kata Robert Blanchard dari Sony Corporation yang menjabat President of the HDMI Forum.


Seperti dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (11/9/2013), untungnya tak banyak perubahan untuk menggunakan HDMI 2.0 ini. Karena kabel dan konektor yang ada saat ini sudah mendukung spesikasi yang yang dibutuhkan HDMI 2.0.


HDMI 2.0 Compliance Test Specification (CTS) rencananya akan dirilis pada akhir 2013.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!