Menakar Kemampuan Kamera iPhone 5S

Jakarta - Fitur kamera yang mumpuni tak bisa ditampik menjadi salah satu magnet bagi konsumen smartphone. Nah, di ponsel baru yang diumumkan Apple, yakni iPhone 5S, apa saja peningkatan yang dilakukan di sektor kamera?

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California tersebut memang masih mempertahankan resolusi sensor dari 'sang kakak', yakni 8 MP. Namun, di sini Apple meningkatkan aperture lensanya yakni menjadi f/2.2 dengan 5 elemen di dalamnya.


iPhone 5 sendiri memiliki bukaan di angka f/2.4. Plus, sensor kamera di ponsel anyar tersebut juga dilaporkan memiliki ukuran yang 15% lebih besar dibanding sang pendahulu dengan 1,5 micron pixel.


Ya, itulah yang dilakukan Apple, alih-alih sekadar meningkatkan jumlah megapixel. Pixel dan ukuran sensor yang lebih besar, dengan bukaan yang lebih lebar diklaim menjanjikan performa yang lebih baik di kondisi pemotretan minim cahaya atau low light.


Namun, jika pengguna masih merasa memerlukan flash untuk memotret di kondisi gelap, Apple juga sudah membekalkan 'True Tone' dual-LED flash. Lantas untuk perekaman video slow motion, iPhone 5S menawarkan pengambilan gambar 720p pada 120fps.


Di iPhone 5S, pengguna nantinya juga akan bisa menemukan keberadaan auto image stabilization yang membantu mengurangi dampak foto ngeblur akibat guncangan.


Apple seperti dikutip dari ReadWrite, Rabu (11/9/2013), turut mengklaim bahwa chip A7 yang menjadi otak sang ponsel, bisa membuat kemampuan autofocus kameranya dua kali lebih cepat. Sedangkan untuk burst mode, iPhone 5S bisa meringkus sebanyak 10 foto per detik selama pengguna terus menekan tombol shutter.


Apple juga kini memutuskan untuk menyediakan iPhoto for iOS secara gratis, berbarengan dengan iMovie. Sebelumnya, aplikasi yang dimaksud bernilai USD 4,99 tapi sekarang apps tersebut akan dijejalkan setiap pembelian piranti iOS baru.


Di situs resminya , Apple memamerkan hasil jepretan iPhone 5S yang diambil dari berbagai kondisi pemotretan, berikut beberapa di antaranya:





(Credit: Apple)


Artikel Terkait:

-. 6 Fitur Unggulan iPhone 5S

-. iPhone 5S vs Galaxy Note 3, Mana Lebih Baik?

-. FotoINET: Warna-warni iPhone 5C dan 5S di September Ceria

(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!