Optimalkan 64 Bit iPhone 5S, Apple 'Kejar' Developer

Jakarta - Apple menawarkan kinerja 64 bit lewat prosesor anyarnya. Menawarkan kemampuan komputasi khas prosesor desktop, iPhone 5S disebut bakal membuka era baru komputasi menggunakan smartphone. Lantas, kapan kemampuan 64 bit iPhone 5S dapat dirasakan?

Bisa jadi penggunanya kelak tak perlu menunggu lama untuk dapat merasakan kinerja 64 bit iPhone 5S. Sebab Apple telah mengirimkan email yang isinya merupakan pemberitahuan untuk developer iOS 7 untuk segera menyelesaikan aplikasi garapannya.


Tidak hanya mengoptimalkan kinerja melimpah khas 64 bit yang dimiliki A7, Apple juga meminta para developer untuk memaksimalkan prosesor sekunder Apple M7 yang mendampingi A7.


Sebagai informasi, bila A7 disiapkan untuk menangani berbagai proses komputasi, maka M7 bertugas untuk menangani berbagai sensor yang terdapat pada iPhone 5S.


"iPhone 5S didukung oleh chip generasi terbaru Apple A7, sehingga menjadikannya smartphone pertama di dunia dengan arsitektur 64 bit berkelas desktop untuk kinerja super cepat di genggaman penggunanya," bunyi email Apple kepada para developer aplikasi iOS 7, seperti dilansir Mac Rumors.


"iOS kernel, library, dan driver sekarang mengandalkan kelebihan dari 64 bit, menghantarkan hingga dua kali lebih cepat kinerja CPU dan grafis untuk aplikasi dan permainan. Dan sangat mudah untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi dalam 64 bit, karena Xcode akan secara otomatis melebur aplikasi dengan binari yang akan berjalan pada 32 bit maupun 64 bit," lanjutnya.


Terlihat jelas dalam email tersebut, Apple secara gamblang memang menyebut berbagai kelebihan yang dimiliki iPhone 5S. Mulai dari A7 64 bit, prosesor sekunder M7, OpenGL ES 3.0, hingga Core Motion API (Xcode).


Tidak hanya itu, pada bagian lain email yang dikirimnya Apple juga meminta developer aplikasi untuk juga mendayagunakan kecanggihan retina display yang dimilikinya lewat layar berukuran 4 inch yang diusungnya.


Lebih lanjut, Apple juga meminta seluruh developer untuk menguji kompatibilitas aplikasinya pada iOS 7 yang disebut telah memiliki dukungan native terhadap teknologi 64 bit.


Adapun iOS 7 sendiri dijadwalkan bakal diungkap ke publik versi finalnya seminggu ke depan atau tepatnya 18 September. Jadi, seperti apa kinerja 64 bit yang ditawarkan iPhone 5S? Untungnya tak perlu menunggu lama untuk mengetahuinya.


ios 7 developer


Artikel Terkait:

- 6 Fitur Unggulan iPhone 5S

- iPhone 5S vs Galaxy Note 3, Mana Lebih Baik?

- FotoINET: Warna-warni iPhone 5C dan 5S di September Ceria

(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!