Bangun Pabrik di AS, Foxconn Tak Cuma Dekati Apple

Pennsylvania - Foxconn ingin lebih dekat dengan Apple? Pertanyaan ini mungkin langsung terbersit begitu mendengar Hon Hai Precision Industry Co atau lebih dikenal Foxconn Technology Group, menanamkan investasi USD 40 juta atau sekitar Rp 467,8 miliar untuk membangun pabrik barunya di Amerika Serikat.

"Investasi di AS ini bukan untuk membangun produk untuk satu merek saja seperti banyak spekulasi beredar. Kami akan membangun produk berteknologi tinggi dengan nilai tambah bagi industri manufaktur," ungkap Chairman Foxconn, Terry Gou seperti detikINET kutip dari Reuters, Minggu (24/11/2013).


Lokasi pabrik yang akan dibangun Foxconn jatuh di daerah Pennsylvania. Foxconn akan berinvestasi senilai USD 30 juta selama dua tahun untuk membangun fasilitas manufaktur berteknologi tinggi, termasuk komponen peralatan telekomunikasi dan server internet.


Foxconn juga akan mengeluarkan USD 10 juta lagi untuk memperkuat riset dan pengembangan di Carnegie Mellon University, Pittsburgh. Disebutkan, perusahaan ini juga akan berinvestasi pada unit manufaktur di Harrisburg, ibukota negara bagian Pennsylvania. Di kota ini, Foxconn akan menyerap sekitar 500 tenaga kerja.


Selama ini, Foxconn dikenal sebagai pemasok komponen iPhone, iPad, dan iPod untuk Apple. Perusahaan ini juga merupakan pemasok utama Hewlett-Packard, yang memiliki 1,6 juta pekerja global, termasuk pabrik di California dan Texas.


Foxconn juga salah satu manufaktur yang diharapkan Indonesia mau berinvestasi pada 2014 di negeri ini. Foxconn berencana menanamkan modal antara USD 5 miliar sampai USD 10 miliar untuk membangun pabrik komponen di atas lahan seluas 500 hektare.


Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan, petinggi Foxconn telah bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk menyampaikan niat investasinya.


Foxconn memiliki fasilitas pabrik di berbagai belahan dunia, seperti Asia, Eropa dan Amerika Selatan. Di China, Foxconn memiliki 13 pabrik. Di Amerika Selatan, perusahaan ini mengoperasikan pabrik di Brasil, Meksiko. Di Eropa, pabrik Foxcon berlokasi di Hongaria, Slowakia dan Republik Ceko.


Di Asia, selain China, Foxconn telah membenamkan investasinya di India, Jepang dan Malaysia. Foxconn juga mencatatkan keuntungan senilai USD 1 miliar pada kuartal ketiga 2013 ini.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!