5 Kiat Memotret Ray of Light

Jakarta - Salah satu subyek foto yang biasanya menarik perhatian adalah ray of light. Bias sinar matahari yang menyinari bumi berkesan dreamy dan magical.

Sebenarnya tidak sulit memotret ray of light, hanya saja kita perlu mengamati cahaya dengan baik, berada di posisi dan setting kamera yang tepat. Beberapa tips memotret ray of light (ROL) berikut mungkin bisa dicoba:


1. Pagi hari di dataran tinggi

Di pagi hari sesaat setelah matahari terbit, dan di dataran tinggi, biasanya banyak kabut yang cukup rendah, saat matahari bersinar menembus kabut, saat itulah kita dapat melihat bias sinar dengan cukup jelas.


2. Memotret di belakang pohon/dedaunan

Pohon dan dedaunan dapat membagi bias sinar matahari sehingga garis-garis sinarnya terlihat semakin jelas.


3. Cari latar belakang yang gelap

Latar belakang seperti dinding tebing, ruangan yang gelap, atau pepohonan yang rimbun akan membuat ray of light semakin jelas karena perbedaan gelap terang yang kontras.



4. Gunakan asap untuk membiaskan cahaya

Jika tidak ada kabut, Anda bisa menggunakan asap untuk mendapatkan efek ray of light. Asap rokok dan dupa (hio) adalah dua alat pembuat asap yang populer. Buat asap di jalur sinar cahaya.Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!