Smartphone Terbaik Jatuh Kepada...

Barcelona - Selain jadi ajang unjuk gigi ponsel-ponsel anyar, Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol, juga menggelar award bagi pemain di industri telekomunikasi. Lantas, siapa mendapat gelar smartphone terbaik?

Penghargaan bertajuk Global Mobile Award 2014 ini sendiri dilakukan oleh GSM Association sebagai tutup tahun 2013. Mereka mengumpulkan banyak nominasi untuk kemudian memilih pemenang dari setiap kategori.


Lebih dari 175 analis independen dan akademisi dari seluruh dunia menjadi juri untuk menentukan ponsel, tablet, atau bahkan pabrikan terbaik dengan melihat dari berbagai aspek.


Penghargaan tersebut juga dibagi dari beberapa kategori, termasuk ponsel terbaik dengan harga terjangkau. Siapa saja pemenangnya?


Seperti dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (26/5/2014), penghargaan untuk kategori Best Smartphone jatuh kepada HTC One. Ponsel yang dirilis tahun 2013 ini mengalahkan iPhone 5S, LG G2, Lumia 1020 dan Samsung Galaxy Note 3.


"HTC One adalah salah satu smartphone paling canggih di 2013. Desainnya bagus, dengan antarmuka yang memberikan pengalaman baru bagi penggunanya," puji tim penilai GSMA.


Sedangkan untuk kategori Best Low-Cost Smartphone, yakni ponsel di bawah USD 150, jatuh kepada Nokia Lumia 520. Mengalahkan Lenovo A390T, Samsung Galaxy Young, Sony Xperia E, dan Xiaomi Hongmi.


Itu untuk kategori smartphone. Sedangkan untuk kategori tablet terbaik dimenangkan oleh Apple dengan iPad Air. Google Nexus 7 (2013), Sony Xperia Tablet Z, dan iPad Mini 2 tepat menguntit di belakangnya.


"iPad Air memiliki performa terbaik, dengan desain yang menarik. Sementara ekosistemnya memiliki keunggulan dalam jumlah aplikasi yang sudah dioptimalkan," tulis juri GSMA.


Selain itu, GSMA juga memberikan penghargaan terhadap Nokia 105 di kategori Best Entry-level atau Featurephone. Sedangkan nama LG muncul sebagai pemenang di kategori Most Innovative Device Manufacturer of the Year karena sukses membuat ponsel layar lengkung. (eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!