Sensasi Nokia X, Android Rasa Windows Phone

Barcelona - Terjawab sudah apa yang menjadi kejutan terbesar Nokia di ajang Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol. Tak hanya satu, tapi tiga ponsel Android sekaligus yang dirilis bersamaan: Nokia X, X+ dan XL. Seperti apa sensasinya?

DetikINET yang turut hadir di acara peluncurannya, tentu mendapat kesempatan langsung untuk bisa menjajal seperti apa rasanya sensasi menggunakan ponsel Android yang sistem operasinya dikembangkan sendiri oleh tim Android Open Source Project Nokia ini.


Nokia X Software Platform 1.0, demikian mereka menyebutnya. Sistem operasi setara dengan Android 4.4 KitKat inilah yang disematkan oleh Nokia di ketiga seri ponsel tersebut. Karena dikembangkan oleh Nokia yang tengah diakuisisi Microsoft, tentu rasa Windows Phone pun sangat kentara.


Hal itu bisa dilihat dari susunan pengaturan ikon aplikasi yang berjejer dalam bentuk frame kotak-kotak ala Metro Windows Phone. Nokia dan Microsoft tentu saja tak mau kehilangan jati dirinya larut dalam gegap gempita Android.


Layaknya ponsel Nokia pada umumnya, untuk penggunaannya pun cukup mudah dan simpel. Jika kita geser dengan scrolling ke bawah, kita akan menemukan semua aplikasi yang sudah terinstal. Pun jika kita masih kesulitan untuk mencari aplikasi yang kita inginkan, cukup geser ke kanan-kiri untuk pencarian cepat lewat fastlane.


Jika kita swipe layar dari atas ke bawah, juga akan muncul menu notifikasi yang mirip dengan Android. Di situ juga ada tombol shortcut untuk masuk ke Settings. Untuk ikon-ikon aplikasi ini pun bisa kita atur dengan mudah dengan menekan ikon cukup lama. Kita juga bisa bikin folder khusus untuk mengumpulkannya.


Untuk keluarga Android Nokia X ini, sudah terinstal aplikasi bawaan Windows Phone seperti aplikasi peta Nokia Here, Mix Radio untuk mendengarkan 22 juta lagu secara online maupun offline, OneDrive untuk menyimpan file sampai 10 GB, Skype yang bisa gratis teleponan ke mana saja selama sebulan, dan tentu saja Nokia Store yang di dalamnya juga ada ribuan aplikasi Android pilihan selain 245 ribu aplikasi yang didesain untuk Windows Phone. Next


(rou/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!