Nokia Android Tak 100% Kebiri Google

Barcelona - Nokia memang telah mendepak semua layanan Google yang ada di ketiga ponsel Android jagoannya. Tapi itu bukan berarti penggunanya tak bisa lagi menikmati layanan Google. Caranya?

Ala-Laurila Juha, Head of Mobile Phone Business Nokia Asia Pacific, saat ditemui di sela Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol, mengatakan bahwa masih ada celah bagi Google untuk hadir di Android Nokia.


"Tenang saja, kalian tetap bisa browsing ataupun membuka Gmail dan layanan Google lainnya di Nokia X. Caranya mudah, instal sendiri saja lewat toko aplikasi yang ada," katanya menjelaskan.


Pernyataan ini tentunya sedikit memberikan nafas lega. Pasalnya, Nokia meskipun telah mengadopsi Android, tak mau memberikan sedikit pun ruang bagi apapun yang berbau Google di dalamnya.


Mulai dari tampilannya yang dirombak dengan nuansa metro Windows Phone, hingga digusurnya layanan Google Search, Google Map, dan Gmail di seri ponsel keluarga Nokia X.


Sebagai gantinya, Nokia lebih memilih aplikasi peta Nokia Here, layanan email milik Microsoft menggunakan Outlook.com, dan mesin pencarinya juga diganti dengan Bing. Bahkan untuk toko aplikasi Android-nya juga bukan Google Play Store melainkan Nokia Store.


(rou/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!