Eropa Uji Coba Siaran Video LTE Pertama

Jakarta - Vodafone Jerman menjadi operator telekomunikasi mobile Eropa pertama yang menyelenggarakan uji coba siaran LTE secara live, berkolaborasi dengan Ericsson, Qualcomm dan Samsung.

Uji coba ini mengambil tempat di Stadion Borussia Mönchengladbach pada Sabtu lalu ketika mereka menghadapi 1899 Hoffenheim pada ajang Bundesliga.


“Terdapat pertumbuhan permintaan terhadap konten video yang berkualitas tinggi pada perangkat mobile dan siaran LTE memberikan pelanggan kami pengalaman baru dalam menggunakan perangkat mobile mereka,” kata Eric Kuisch, CTO Vodafone Jerman.


“Teknologi ini memungkinkan sesi siaran ganda atau lebih untuk ditonton secara bersamaan, sehingga pelanggan dapat menonton hasil pertandingan Liga Premier pada saluran Sky Sports atau konten video eksklusif dari stadion di mana mereka berada,” lanjutnya, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Jumat (28/2/2014).


Siaran video melalui LTE ini, sebagai evolved Multimedia Broadcast Multicast Service (eMBMS), dilaporkan tidak menimbulkan beban tambahan pada jaringan.


Hal ini memungkinkan pengguna smartphone, yang berada pada lokasi padat pengguna perangkat mobile, dapat menonton saluran televisi dengan video berkualitas tinggi.


Thomas Nore;n, Head of Product Area Radio menambahkan, uji coba pertama ini merupakan momen penting bagi sektor telekomunikasi mobile Eropa. Siaran LTE akan segera memberikan konten video atau TV yang tak terbatas kepada orang-orang yang berada pada area dengan tingkat kepadatan perangkat yang tinggi, seperti stadion, area publik, atau pusat perbelanjaan.


"Saya menikmati pertandingan yang bagus di stadion dan hal ini akan menjadi pengalaman yang makin menyenangkan ketika saya dapat menonton siaran ulang pada bagian-bagian tertentu seperti saat penalti, gol, atau memeriksa perkembangan tim lainnya di liga ketika tim saya tengah bermain,” katanya .


Layanan ini menggunakan teknologi Single Frequency Network (seperti DVB-T) untuk mendistribusikan sinyal ke penerima yang tak terbatas jumlahnya. Pengguna hanya butuh perangkat yang bisa menggunakan jaringan LTE dengan aplikasi siaran LTE.


Sebagai bagian program modernisasi jaringan Vodafone Jerman, siaran LTE akan segera tersedia dalam lebih dari 39 stadion di Jerman. (ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!