Obama: AS Sedang Membuat Iron Man

Jakarta - Ingat scene di film Iron Man ketika Tony Stark pertama kali mengakui bahwa dirinya adalah Iron Man? Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kurang lebih punya momen yang mirip seperti itu, ketika mengumumkan angkatan bersenjata AS sedang mengembangkan 'Iron Man'.

"Pada dasarnya, saya di sini untuk memberitahukan bahwa kami membuat Iron Man. Boleh dikatakan semacam Iron Man," ujar Obama yang disertai tawa, seperti dikutip dari Hollywood Reporter, Jumat (28/2/2014).


Beberapa orang mungkin menganggap ucapannya sebagai candaan. Namun memang benar demikian, bahwa Obama telah memerintahkan anak buahnya untuk mengembangkan baju zirah seperti milik Tony Stark.


Sebelumnya, AS memang sudah pernah diberitakan sedang bereksplorasi membuat baju zirah untuk keperluan militer. Pakaian ini disebut sebagai TALOS yang merupakan singkatan dari Tactical Assault Light Operator Suit.


Meski tak terlalu mirip dengan kepunyaan Iron Man, pakaian ini sudah punya sejumlah fitur menarik yang masih terus dikembangkan.


Pekan lalu, badan pertahanan AS mengonfirmasikan bahwa saat ini sudah ada tiga prototipe TALOS yang siap diuji Juni mendatang. Pengembangan pakaian ini melibatkan 56 korporasi, 16 badan pemerintahan, 13 universitas dan 10 laboratorium ilmiah nasional.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!