Berburu Karang di Pantai Padang-Padang

Jakarta - Seminggu yang lalu, sebelum mengadakan Bali express course, saya sempat mengunjungi beberapa pantai antara lain pantai Padang-Padang atau Labuan Sait.

Pantai ini terkenal dengan batu dan karangnya yang besar. Beberapa tahun terakhir pantai ini makin terkenal karena menjadi tempat syuting film Eat Pray Love yang dibintangi oleh aktris Julia Roberts. Film ini berdasarkan buku dengan judul yang sama.


Saat berkunjung sore hari itu, pengunjung cukup banyak. Sebagian pengunjung bermain air, sebagian lain berjemur dan banyak juga yang sekadar jalan-jalan dan berfoto ria. Saya mendapati seorang wisatawan sedang duduk sendiri di bawah karang yang tinggi besar sambil mengamati pantai. Ekspresi tubuhnya yang santai menarik perhatian.


Saya sengaja mengunakan lensa lebar untuk memasukkan karang dan pantai dengan porsi yang lebih banyak. Dengan demikian wisatawan tadi ukurannya menjadi cukup kecil. Dengan komposisi skala ini, yang melihat foto akan dapat membayangkan seberapa tinggi dan besar karang tersebut.


Saya memotret foto ini dengan gaya candid, maksudnya yang difoto tidak mengetahui bahwa saya sedang memotretnya. Ia memang sempat memandang ke arah saya, tapi karena saya mengunakan lensa lebar, axis kamera dan lensa tidak langsung tertuju ke dia.


Sehingga kemungkinan besar ia pikir saya memotret pemandangan di belakang atau di sampingnya. Saat memotret, saya harus cukup bersabar karena banyak wisatawan yang berjalan-jalan dan berfoto ria di dekat karang dan air.


Untuk teknis setting kamera, saya memotret dengan setting ISO 100, f/8, 1/60 detik dan lensa 16mm (kurang lebih 10-11mm di kamera DSLR dengan sensor APS-C). Untuk setting kamera, saya sedikit melakukan kesalahan, yaitu memotret dengan format JPG (L), biasanya saya memotret dengan RAW, dan kemudian baru mengolah gambar tersebut di Lightroom. Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!