Lisensi Windows Phone Diobral?

Jakarta - Microsoft kabarnya menurunkan harga OS Windows Phone, sehingga ponsel berbasis Windows akan bisa lebih murah. Ini dilakukan agar ponsel Windows bisa bersaing dengan dominasi ponsel berbasis Android.

Seperti diketahui, Nokia sendiri yang kini menjadi unit bisnis ponsel Microsoft, sudah berupaya menjual smartphone untuk kategori low end. Di ajang Mobile World Congress 2014, Nokia juga membuat kejutan dengan menampilkan ponsel Android.


Microsoft, disebut-sebut akan memangkas harga lisensi hingga 70% dibandingkan yang dilakukannya saat ini agar OS-nya ada di ponsel murah Nokia.


Seperti dikutip dari Tech Eye, Jumat (28/2/2014), langkah ini memungkinkan OEM yang bekerjasama dengan Microsoft, membuat perangkat Windows Phone yang bisa bersaing dengan ponsel Android murah.


Perusahaan yang berpusat di Redmond, Washington, AS ini juga diam-diam menjalin mitra dengan sejumlah vendor ponsel low cost, termasuk pabrikan ponsel asal China dan India.


Biaya lisensi untuk Windows Phone berkisar antara USD 20 - USD 30. Jika benar Microsoft memangkasnya 70%, maka lisensinya bisa menjadi USD 6 - USD 10 per unit.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!