Bos Microsoft Pamer Penerjemah Bahasa ala Star Trek

Jakarta - Teknologi penerjemahan bahasa secara real time seperti yang ada di film Star Trek atau Doraemon mungkin segera bisa digunakan oleh banyak orang. Belum lama ini, Microsoft memamerkan fitur penerjemah secara real time untuk layanan video populernya, Skype.

Dalam demonstrasi yang dilakukan CEO Microsoft Satya Nadella, produk prototipe yang saat ini disebut Skype Translator itu memungkinkan pembicara langsung mendengar terjemahan dari lawan bicara dengan bahasa yang berbeda.


"Produk ini adalah untuk memastikan Anda dapat berkomunikasi dengan setiap orang tanpa adanya hambatan bahasa," sebut Nadella yang detikINET kutip dari Reuters, Jumat (30/5/2014).


Nadella bahkan mengklaim teknologi tersebut sebagai keajaiban. Ditargetkan, menjelang akhir tahun ini Skype Translator sudah bisa digunakan secara luas. Namun tak disebutkan apakah penerjemah bahasa instan itu bisa dipakai gratis atau nantinya berbayar.


Uji cobanya yang menampilkan seorang eksekutif Microsoft yang berbahasa Inggris sedang berbicara dengan lawan bicara yang berbahasa Jerman, dinilai cukup baik. Namun ada yang menilai belum cukup bagus untuk pembicaraan soal bisnis.


Teknologi penerjemah bahasa secara real rime ini jelas bisa menjadi fitur yang sangat bermanfaat di Skype. Microsoft pertama kali memamerkannya di Tiongkok 18 bulan lalu, dan sepertinya saat ini sudah semakin canggih.


(fyk/rou)