Alasan Cisco Kepincut Pilih Android

Macau - Dari berbagai pilihan sistem operasi yang ada, Cisco ternyata lebih memilih Android -- yang dari segi keamanan kerap dipertanyakan -- untuk dibenamkan pada perangkat desktop all-in-one seri DX80 dan DX70. Alasannya?

Menurut Irving Tan, Presiden Asia Pacific & Japan Cisco, pemilihan Android ini tentu bukannya tanpa pertimbangan yang matang. Namun karena kemudahan interoperabilitas dan lisensinya, masalah keamanan pun tak jadi soal.


"Karena tujuan perangkat ini adalah untuk bisnis, tentu kami perlu menjaganya untuk tetap aman dengan Cisco Secure Network. Ketika diakses secara mobile, harus pakai VPN lewat Cisco AnyConnect," jelasnya di Hotel Sheraton, Macau.


"Security Enhanced Android operating system yang dikombinasikan dengan Cisco end-to-end security features kami jamin akan memberikan rasa aman bagi para network administrator," papar Irving dalam pertemuan dengan sejumlah media dari Asia Pasifik dan Jepang, termasuk detikINET satu-satunya dari Indonesia.


Dengan demikian, Cisco menegaskan kepada para penggunanya agar tak perlu risau dengan isu keamanan saat menggunakan perangkat ini. Karena masalah itu sudah diantisipasi sejak jauh-jauh hari oleh sang raksasa jaringan asal San Francisco, AS ini.


Sementara ditambahkan oleh Scott Brown, Vice President Technology Solutions & Architecture Cisco APJC, alasan lain dari ketertarikan Cisco untuk membenamkan Android di perangkat DX80 dan DX70 adalah ekosistem dari pengembangan aplikasinya.


"Dengan memilih Android, kami lebih optimistis akan lebih banyak aplikasi yang tersedia untuk desktop collaborate ini. Android tentu lebih memikat para developer untuk mengembangkan software bisnisnya di perangkat ini," kata dia di tempat yang sama, Rabu (28/5/2014).Next


(rou/ash)