Duet Pendiri Beats Jadi Karyawan Apple

http://us.images.detik.com/content/2014/05/29/319/trtdalam.jpgDr. Dre & Jimmy Iovine (gettyimages)


Jakarta - Beats Electronics akan dibeli Apple senilai USD 3 miliar. Dua pendiri perusahaan audio itu, yakni rapper Dr. Dre dan entrepeneur Jimmy Iovine dipastikan turut bergabung menjadi karyawan Apple.

Belum jelas jabatan apa yang akan diemban keduanya di Apple, tapi dipastikan mereka akan menempati posisi eksekutif dan akan banyak terlibat dalam pengembangan bisnis Beats di masa depan. Beats dibeli Apple dengan uang tunai senilai USD 2,6 miliar dan sisanya USD 400 juta dalam bentuk saham.


"Aku selalu tahu bahwa di hatiku, Beats milik Apple. Ide saat kami mendirikan perusahaan terinspirasi oleh kemampuan Apple yang tak tertandingi untuk memadukan budaya dan teknologi. Komitmen besar Apple pada fans musik, artis, pencipta lagu dan industri musik adalah sesuatu yang spesial," kata Iovine yang detikINET kutip dari SkyNews, Kamis (29/4/2014).


Bersama Dr. Dre, Iovine mendirikan Beats di tahun 2008. Usaha mereka sukses, di mana headphone Beats dianggap sebagai simbol kemewahan. Sebelum Apple, vendor asal Taiwan HTC juga sempat kepincut dengan Beats dan membeli sebagian sahamnya, meski kemudian dijual lagi.


Menurut riset dari NPD Group, Beats memiliki pangsa pasar 62% di industri headphone Amerika Serikat untuk kategori harga di atas USD 100. Sedangkan layanan Beats Music telah memiliki sekitar 250 ribu pelanggan.


Iovine sudah malang melintang di industri musik, selain mendirikan Beats Electronics, dia juga memiliki perusahaan label Interscope Record. Sedangkan Dr Dre yang nama aslinya Andre Young, dikenal sebagai penyanyi dan produser rap terkenal.


(fyk/fyk)