Jualan Desktop Android Rp 40 Juta, Cisco: Itu Murah!

Jakarta - Cisco baru saja merilis DX80 dan DX70, desktop all-in-one dengan fitur utama untuk video conference. Dengan banderol harga kisaran Rp 40 juta, raksasa jaringan itu tetap bersikeras harganya masih masuk akal, bahkan untuk usaha kecil menengah (UKM) sekalipun.

"Kami berusaha agar harganya tetap terjangkau untuk UKM. Dengan segala kecanggihan fitur yang kami tawarkan, menurut kami harga segitu masih murah," kata Rowan Trollope, Senior Vice President & General Manager Collaboration Technology Group Cisco, dalam jumpa pers di Macau yang ikut dihadiri detikINET.


DX80 dan DX70, desktop all-in-one ini dihadirkan Cisco bukan sebagai pengganti komputer PC maupun tablet. Namun lebih sebagai pilihan perangkat pendamping yang lebih ringkas namun memiliki fungsi yang optimal untuk kebutuhan enterprise seperti contact center maupun meeting virtual.


Untuk DX80, perangkat dengan desain mirip Mac buatan ini punya lebar 23 inches diagonal yang mengusung FHD capacitive touchscreen LCD dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. Di bagian atasnya ada kamera untuk video communication HD dengan fitur Cisco TelePresence.


Meskipun bodinya mirip-mirip Mac, namun untuk sistem operasinya Cisco lebih memilih Android 4.1.1. Prosesornya sendiri menggunakan TI OMAP 4470 1.5 GHz dengan storage 8 GB eMMC flash memory, serta RAM 2 GB.


Dengan OS Android, tentu saja fungsinya kurang lebih sama dengan tablet atau smartphone Android pada umumnya. Bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android yang bisa di-download langsung dari Play Store. Selain itu, fitur utamanya tentu fasilitas yang ada di Cisco WebEx dan Cisco Jabber.


Desktop ini juga didesain untuk memudahkan transfer data secara seamless menggunakan bluetooth saat ingin memindahkan pekerjaan dari DX80 ke smartphone maupun tablet, atau bahkan sebaliknya.Next


(rou/ash)