Bikin Desktop Mirip Mac, Cisco Terjun ke Bisnis PC?

Jakarta - Dengan menghadirkan DX80 yang sepintas mirip desktop Mac buatan Apple -- dan DX70 yang mirip tablet jumbo, kemudian timbul pertanyaan apakah Cisco ke depannya akan fokus terjun ke bisnis PC?

Pertanyaan ini pun langsung dilancarkan oleh para media dan analis dari Asia Pasifik dan Jepang yang diundang secara khusus untuk ikut menyaksikan kelahiran produk inovasi terbaru Cisco di Macau, termasuk detikINET satu-satunya media dari Indonesia.


"Apakah kami beralih ke consumer PC based? Jawabannya, tidak," tegas Irving Tan, Presiden Asia Pacific & Japan Cisco.


"Maksud dan tujuan kami hanya buka peluang baru dengan fokus untuk bikin PC collaborated device. Jadi kami tidak akan masuk ke pasar PC maupun tablet. Dan tentu saja tidak bersaing dengan Apple maupun Samsung," ujarnya lebih lanjut.


Soal harga DX80 dan DX70 yang dibanderol USD 3.990 dan USD 2.750, Irving sebenarnya mengakui kalau kedua desktop all-in-one itu memang masih cukup mahal. "Kami terus berupaya supaya harganya bisa semakin terjangkau," katanya.


Ia pun menegaskan, untuk sementara ini, pilihan dari sistem operasi untuk kedua perangkat itu juga hanya akan berbasis Android yang tentunya sudah dikustomisasi Cisco agar lebih aman.


"Untuk saat ini kami masih akan memilih Android, belum ada rencana dengan platform OS lain," pungkasnya.


(rou/ash)