Samsung Rogoh Rp 23,3 Triliun untuk Bangun Pabrik di Vietnam

Jakarta - Sudah dua punya pabrik ponsel besar di Vietnam, Samsung belum puas. Produsen asal Korea Selatan ini mengucurkan investasi senilai USD 2 miliar atau di kisaran Rp 23,3 triliun untuk membangun pabrik baru di negara yang masih tetangga Indonesia itu.

Ketika sudah selesai dan kapasitas produksinya sudah maksimal di tahun 2015, ditargetkan pabrik baru tersebut akan memproduksi lebih dari 40% smartphone Samsung.


Media Vietnam malah mengabarkan Samsung kemungkinan akan mengalihkan sampai 80% produksi smartphone ke Vietnam. Menurut beberapa media, Vietnam saat ini dipandang lebih seksi dibanding China, terutama karena ongkos buruh di China semakin meningkat.


"Dalam dua sampai tiga tahun, pabrik Samsung mungkin akan mempercepat peralihan kapasitas produksi dari China ke Vietnam karena meningkatnya upah buruh di China," kata sumber yang dikutip ChinaTimes, Kamis (30/5/2014).


Samsung saat ini telah memiliki dua pabrik ponsel ukuran besar di utara Vietnam. Terdiri dari pabrik seharga USD 2,5 miliar di propinsi Bac Ninh dan satu lagi pabrik di propinsi Thai Nguyen senilai USD 1,2 miliar


(fyk/rns)