Pekan Informasi Nasional Kominfo, Buat Apa Sih?

Jakarta - Pekan Informasi Nasional (PIN) 2014 tengah diselenggarakan di kota Padang, Sumatera Barat. Ini adalah penyelenggaraan yang keenam kalinya sejak tahun 2009. Lantas, apa tujuan dari ajang yang digelar tiap tahun ini?

Menurut Ismail Cawidu selaku Kepala Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, tujuan PIN adalah agar masyarakat mengetahui berbagai kebijakan dan program yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah.


"Pesertanya berasal dari unsur dinas, instansi, badan Kominfo dan lainnya yang terdapat dalam pemerintahan Indonesia," kata Ismail menjelang pembukaan PIN 2014.


Acara yang berlangsung di GOR H. Agus Salim, Padang, ini diikuti sekitar seribu peserta dari seluruh Indonesia. Dari berbagai stand pameran yang didirikan, masyarakat bisa mengetahui informasi soal kebijakan yang dilakukan pemerintah di bidang teknologi informasi, pertanian dan sebagainya.


Acara yang diselenggarakan hampir bersamaan dengan hari Kebangkitan Nasional tersebut dilatarbelakangi UU no 14 tahin 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.


"Utusan dari Malaysia dan Brunei juga ikut andil dalam kegiatan yang berskala nasional ini," kata Ismail.


Untuk memeriahkan acara, diselenggarakan acara pertunjukan kesenian rakyat dari berbagai propinsi. Masyarakat pun diharapkan berpartisipasi dan mengunjungi perhelatan PIN 2014 kali ini.


(fyk/ash)